PERAN HR DALAM EVALUASI STRATEGI ORGANISASI

Customer care, care for employees, life insurance and marketing segmentation concepts. Protecting gesture of businesswoman or personnel and icons representing group of people. Wide banner composition wit office in background.

Mengevaluasi keberhasilan strategi bisnis akan melibatkan penilaian kemampuan karyawan Anda untuk memberikan hasil secara tepat waktu dan menguntungkan. Mengintegrasikan manajemen HR ke dalam proses perencanaan strategis dapat memungkinkan Anda untuk memastikan bahwa saat Anda mengidentifikasi tujuan, peluang, dan keunggulan kompetitif. Anda juga dapat merekrut dan mengembangkan tenaga kerja yang tepat untuk mencapainya. Mengingat HR memiliki posisi penting di organisasi, sehingga peran HR dalam evaluasi begitu berpengaruh. Beberapa peran yang diharapkan adalah sebagai berikut.

#1 Memastikan Pelatihan yang Efektif
Karyawan biasanya membutuhkan pelatihan untuk menerapkan strategi baru. Departemen SDM mengembangkan proses untuk mengelola pengembangan organisasi dan mempersiapkan personel untuk mengimplementasikan inisiatif dan program baru. Setelah Anda mengidentifikasi kapabilitas yang dibutuhkan oleh organisasi, Anda dapat menentukan, merancang, mengembangkan, dan memberikan seminar yang mendidik tenaga kerja, lalu mengisi celah keterampilan yang ada di organisasi. Dengan mengevaluasi keterampilan dan pengetahuan sebelum dan sesudah pelatihan, Anda dapat menilai kesiapan karyawan untuk menerapkan strategi baru.

#2 Memantau Kemampuan Karyawan
Dengan menerapkan sistem manajemen kinerja yang efektif, mengantisipasi jenis peran yang dibutuhkan untuk memenuhi rencana strategis dan menanggapi perubahan demografis dalam tenaga kerja, SDM melacak kapabilitas organisasi dan mencocokkan pekerja dengan tugas yang tepat untuk mencapai tujuan strategis. Menjaga deskripsi pekerjaan dan arsitektur perusahaan Anda tetap terkini memastikan bahwa Anda hanya mempekerjakan dan mempertahankan personel penting, yang membuat operasi Anda hemat biaya dan efisien. Dengan mengevaluasi retensi karyawan, kepuasan dan tingkat absensi, Anda dapat menilai bagaimana perasaan karyawan tentang peran mereka dalam mencapai tujuan strategis.

#3 Melacak Kekuatan Eksternal
Selain mengelola tenaga kerja, Anda perlu melacak pasar eksternal dan persaingan. Dengan menganalisis lingkungan persaingan, Anda memantau faktor ekonomi, perubahan teknologi, masalah politik, dan tren lainnya. Untuk mempertahankan kehadiran di organisasi profesional industri, bertukar informasi dan jaringan dengan kolega di bidang Anda untuk memvalidasi strategi yang ingin Anda capai masuk akal dalam jangka panjang untuk berhasil di industri Anda.

#4 Merekrut Bakat Baru
Mengevaluasi kebutuhan staf yang akan datang secara efektif bergantung pada pemahaman tentang apa yang diperlukan dan ingin dicapai oleh rencana strategis perusahaan Anda. Ini biasanya berarti mempekerjakan tenaga kerja yang beragam untuk memberikan solusi inovatif dan kreatif untuk masalah yang kompleks. Mengevaluasi strategi mungkin termasuk memastikan rencana suksesi ada, sehingga ketika karyawan meninggalkan angkatan kerja karena pensiun atau peluang lain, pekerja lain siap menggantikannya. SDM memainkan peran penting dalam memastikan bahwa rencana strategis dapat dipertahankan dari waktu ke waktu. Dengan mengintegrasikan departemen SDM ke dalam perencanaan strategis dan proses evaluasi, program yang menginspirasi, memotivasi, dan memberi penghargaan kepada karyawan dapat memperkuat nilai-nilai pemimpin Anda untuk mengelola sumber daya manusia secara efektif.
Demikian, jika Anda membutuhkan informasi lebih detil tentang Human Resource, atau membutuhkan pelatihan manajerial skill. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.