CARA EFEKTIF MEREKRUT KARYAWAN YANG KOMPETEN UNTUK TOKO RITEL

Cropped portrait of a group of diverse colleagues standing in their office against a digitally enhanced background

Menemukan dan merekrut talenta terbaik harus menjadi prioritas bagi semua peritel. Memiliki orang-orang yang luar biasa di tim Anda dapat membantu Anda menjual lebih banyak produk, menjadi lebih efisien, dan yang terpenting, melayani pelanggan dengan lebih baik.

Tapi salah satu masalah terbesar bagi peritel adalah menemukan karyawan yang hebat. Lagi pula, banyak orang melihat pekerjaan ritel sebagai batu loncatan menuju hal-hal yang lebih besar dan lebih baik, dan tidak berniat bertahan dengan jenis pekerjaan ini lebih lama dari yang seharusnya. Tapi, ini tidak berarti tidak ada karyawan ritel hebat yang bisa didapat. Jika Anda seorang peritel, Anda harus dapat menyaring pelamar untuk menemukan bakat terbaik, orang-orang yang akan bangga melakukan pekerjaan mereka, dan yang tidak akan berbalik dan berhenti untuk sesuatu yang lain dalam beberapa bulan. Dalam artikel kali ini, akan kami sebutkan beberapa cara untuk mendapatkan atau merekrut karyawan ritel yang hebat dan cakap.

1. Tawarkan Jam Kerja Yang Lebih Baik
Banyak gerai ritel hanya menawarkan jam paruh waktu, sehingga karyawan akhirnya bekerja dalam shift singkat. Meskipun hal ini membantu Anda untuk menghindari pembayaran lembur, hal ini tidak sepadan dalam jangka panjang. Anda berakhir dengan karyawan yang mengerjakan dua atau tiga pekerjaan, dan tidak pernah benar-benar membenamkan diri dalam budaya bisnis Anda.

2. Jangan Merekrut Sisa Kompetitor
Anda mungkin berpikir bahwa mempekerjakan seseorang yang telah bekerja untuk pesaing Anda adalah langkah yang baik karena mereka memiliki pengalaman dan pelatihan. Namun, mereka sebenarnya tidak memiliki pelatihan untuk bekerja di perusahaan Anda, dan kemungkinan ada alasan yang cukup bagus mengapa mereka tidak lagi bekerja untuk pesaing Anda. Anda membutuhkan orang-orang yang segar dan baru.

3. Jangan Rekrut Berdasarkan Pengalaman
Tidak selalu merupakan ide terbaik untuk mempekerjakan seseorang yang memiliki pengalaman di dunia ritel yang tercantum di resume mereka. Faktanya, seringkali yang terbaik adalah mempekerjakan seseorang yang belum pernah bekerja di industri sama sekali. Ini memberi Anda kesempatan untuk melatih karyawan seperti yang Anda inginkan, dan mereka tidak akan membawa kebiasaan lama bersama mereka. Lihatlah keterampilan mereka, terutama keterampilan orang.

4. Saksikan Mereka Beraksi
Daripada mengadakan wawancara di kantor atau di food court, berjalan-jalanlah di toko saat Anda berbicara dengan kandidat. Perhatikan bagaimana mereka bereaksi terhadap berbagai situasi, bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain, dll. Ini tidak hanya akan membuat wawancara lebih santai, tetapi juga akan memberi Anda kesempatan untuk melihat apakah para kandidat cocok dengan bisnis Anda.

5. Carilah Keterampilan Orang yang Sangat Baik
Dalam bisnis ritel, sangat penting bagi Anda untuk mempekerjakan karyawan yang bermain baik dengan orang lain. Mereka tidak hanya harus menjadi pemain tim yang hebat, mereka juga harus memiliki keterampilan orang yang hebat untuk membantu mereka berurusan dengan publik setiap hari, apa pun situasinya.

6. Jangan Langsung Merekrut di Tempat
Bahkan jika Anda merasa telah menemukan kandidat terbaik dan tidak ingin mencari lebih jauh, jangan langsung merekrut. Minta kandidat Anda untuk menelepon Anda kembali pada waktu tertentu keesokan harinya. Ini akan memberi Anda waktu untuk memeriksa referensi mereka dan mewawancarai orang lain, kalau-kalau ada seseorang yang lebih berkualitas.

7. Jual Perusahaan Anda ke Kandidat Potensial
Jika Anda tertarik untuk merekrut kandidat, Anda harus dapat meyakinkan mereka bahwa perusahaan Anda adalah perusahaan yang mereka sukai. Beri tahu mereka tentang riwayat perusahaan, lingkungan yang Anda coba ciptakan, jika Anda menawarkan tunjangan karyawan, dll.

8. Jangan Pergi dengan Naluri Anda
Anda mungkin mengira telah menemukan karyawan yang sempurna, tetapi ingatlah, tidak ada yang sempurna. Jangan selalu memercayai naluri pertama Anda, tetapi lakukan lebih banyak penggalian untuk menemukan sesuatu yang mungkin tidak terlalu bagus. Ini akan membuat pola pikir Anda menjadi perspektif yang lebih seimbang.

Membuat toko Anda memiliki staf yang tepat bukanlah tugas yang mudah, tetapi semoga dengan tip ini Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda untuk meningkatkan hasil.
Pencarian untuk menemukan karyawan yang hebat adalah seni dan sains, sesuatu yang membutuhkan intuisi yang baik dan penilaian yang kuat, tetapi yang terpenting adalah praktik. Jadi, jika Anda pernah membuat kesalahan di masa lalu, pelajari pelajaran Anda, dan lanjutkan.
Sebelum merekrut, susunlah pertanyaan Anda dengan baik, beri mereka lebih banyak perhatian dan latih mereka untuk melebihi harapan pelanggan. Begitulah cara Anda mengembangkan bisnis toko ritel Anda. Dan jika Anda membutuhkan informasi lebih detil terkait manajemen ritel modern atau bagaimana cara merekrut staff yang potensial. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.