BAGAIMANA PEMILIK BISNIS KECIL MELAKUKAN TIM BUILDING

img-3-1

Seringkali kasus dengan pemimpin yang tidak berpengalaman, mereka gagal untuk memulai dan mempromosikan pembangunan tim bisnis kecil untuk tujuan memotivasi dan membantu staf mencapai tujuan.
Membangun tim adalah proses melaksanakan latihan, permainan, atau aktivitas lain yang mempromosikan kekompakan budaya dan etos kerja perusahaan. Ini membantu orang bersosialisasi satu sama lain, serta membantu mendorong kreativitas dan antusiasme untuk membantu perusahaan sukses sebagai sebuah tim. Ini dapat mengubah karyawan menjadi berkinerja tinggi.
Manfaat lain dari membangun tim termasuk mempromosikan rasa hormat di antara karyawan dan melintasi batas departemen. Jenis aktivitas ini bahkan dapat meningkatkan pemecahan masalah dan komunikasi untuk membantu tim Anda bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras.

TANDA-TANDA BAHWA ANDA MUNGKIN PERLU MEMBANGUN TIM
Apa tanda-tanda bahwa staf atau kru eksekutif Anda mungkin memerlukan pembangunan tim? Perhatikan petunjuk berikut ini:

  • Sering izin cuti- Apakah anggota tim Anda sering kali sakit, atau memutuskan untuk mengambil hari libur yang tidak direncanakan? Jika Anda melihat tren ini, mungkin itu pertanda pasti staf Anda kurang semangat tim.
  • Kekurangan minat- Apakah karyawan Anda kurang antusias saat menjalankan tugas pekerjaannya? Kurangnya minat atau antusiasme dapat menyebabkan kerja tim yang buruk.
  • Gosip- Apakah Anda melihat ada gosip atau “klik” yang mencolok dari karyawan? Ini bisa sangat merusak semangat dan kekompakan tim secara keseluruhan.

JENIS TEAM BUILDING
Jadi, jenis pembangunan tim apa yang tersedia? Berikut adalah beberapa aktivitas umum di mana pembangunan tim dapat membantu meningkatkan kekompakan perusahaan.

Tingkatkan Keterampilan Tim
Gunakan pembangunan tim untuk membantu staf Anda mempelajari keterampilan baru, dan menggunakan keterampilan saat ini dengan cara yang lebih baik. Kegiatan ini biasanya termasuk membuat kelompok menyelesaikan masalah, bekerja sama dan berkomunikasi untuk mencari solusi terbaik. Kegiatan ini juga membantu meningkatkan kesadaran akan komunikasi dan pengaruh pengambilan keputusan.

Bangun Hubungan
Sekelompok orang akan bekerja lebih baik jika mereka saling menghormati. Sangat menyenangkan jika sebuah tim semuanya memiliki kesamaan dan semuanya menyukai satu sama lain. Tetapi kelompok yang “nyaman” adalah pengecualian. Anda dapat menggunakan pembangunan tim untuk membantu mendapatkan pemahaman dan rasa hormat satu sama lain.

Perayaan
Grup yang bahagia bekerja sama dengan baik. Jika tim Anda mencapai tujuan, luangkan waktu dan upaya untuk merayakannya. Jenis kegiatan membangun tim ini bisa sesederhana bergabung untuk happy hour pada hari Jumat setelah bekerja atau menyiapkan makan siang dengan katering untuk karyawan Anda.

BAGAIMANA MENDEKATI RENCANA ANDA
Rencana pembangunan tim Anda perlu dimulai dengan analisis tentang apa yang ingin Anda capai. Apa tujuan Anda? Apakah Anda ingin membangun kelompok yang lebih kompak melalui latihan hubungan? Atau mungkin Anda ingin tim Anda menyelesaikan masalah dengan lebih efisien dan cepat?
Aspek besar lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah anggaran Anda. Apakah Anda memiliki dana yang disisihkan untuk menyewa konsultan pembangunan tim? Atau apakah Anda harus membuat dan menjalankan program pembangunan tim Anda sendiri?

CONTOH LATIHAN MEMBANGUN TIM
Icebreakers
Melibatkan kelompok dalam latihan membangun tim biasanya berjalan lebih lancar dan lebih efektif bila ada pemecah kebekuan. Icebreaker biasanya melibatkan pertanyaan dan permainan yang mencakup kreativitas dan berbagi.
Berburu harta karun
Berkat Dan Brown, banyak orang menjadi kegiatan “berburu harta karun”, di mana kelompok harus menganalisis petunjuk dan memecahkan masalah untuk menemukan “harta karun” di akhir. Ini membantu komunikasi, pemecahan masalah, dan berpikir di luar kotak.
Analisis Situasi Persaingan
Timnya dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan diberi masalah yang sama untuk dipecahkan. Tujuannya adalah untuk melihat tim mana yang dapat memberikan solusi terbaik. Aspek persaingan dari jenis aktivitas ini membantu memotivasi pekerja Anda untuk melakukan yang terbaik.

Membangun tim yang luas tidak harus menjadi sesuatu yang Anda lakukan untuk staf Anda setiap minggu atau bahkan setiap bulan. Meskipun aktivitas tim yang lebih kecil seperti perayaan dan acara sosial kelompok sering direkomendasikan, retret membangun tim yang lebih besar setahun sekali adalah cara yang bagus untuk membuat keluarga staf Anda bekerja sebaik mungkin. Demikian jika Anda membutuhkan informasi lebih deril terkait bagaimana cara menjadi pemimpin atau menginginkan pelatihan manajerial skill dari konsultan profesional. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.