4 CARA PEMIMPIN YANG TANGGUH MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI BISNISNYA


Bagaimana kinerja terbaik para pemimpin menanggapi tantangan? Kemungkinannya adalah mereka memenuhi tuntutan baru secara langsung dan cenderung bangkit kembali lebih cepat daripada rekan-rekan mereka yang lebih pendiam.

Yaa ini adalah hal yang wajar dan bukan kebetulan. Meskipun ada banyak karakteristik yang membentuk seorang pemimpin yang sangat baik, satu sifat yang sering mereka miliki adalah ketahanan emosional, atau kemampuan untuk cepat beradaptasi dengan situasi atau krisis yang penuh tekanan. Dan karena batas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi lebih kabur dari sebelumnya, menjadikan ketahanan emosional sebagai keterampilan hidup yang sangat diperlukan bagi karyawan, dan terutama, bagi para pemimpin.

Baca juga artikel terkait: KIAT MENGHADAPI KARYAWAN YANG KURANG AKTIF TERLIBAT

Mengapa Ketahanan Emosional Begitu Penting di Tempat Kerja?

Ketahanan emosional bukan hanya keterampilan yang sedang tren. Ini telah terbukti menjadi faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan organisasi secara keseluruhan. Tapi itu pertama dimulai di bagian paling atas.

Pemimpin yang mempromosikan ketahanan dalam tim mereka dapat meningkatkan produktivitas, menurunkan biaya perawatan kesehatan, mengurangi ketidakhadiran, dan mengurangi pergantian.

Beberapa individu dilahirkan dengan ketahanan emosional sebagai keterampilan utama mereka. Untungnya, seperti keterampilan lainnya, itu dapat dikembangkan dengan sedikit tekad dan latihan. Dan melalui kepemimpinan yang tangguh, Anda dapat mendorong, mendidik, dan menginspirasi anggota tim untuk membangun ketahanan mereka sendiri di tempat kerja.

Membangun ketahanan dimulai dengan mindfulness atau perhatian. Beberapa karakteristik pemimpin yang penuh perhatian meliputi:

  • Mengelola perubahan secara efektif
  • Meluangkan waktu untuk merenungkan pikiran, sikap, dan perilaku seseorang
  • Berfokus pada kesehatan, energi, dan stamina seseorang
  • Menemukan keseimbangan yang sehat antara intuisi dan pemikiran rasional

Penting untuk diingat bahwa para pemimpin yang penuh perhatian dan tangguh tidak hanya berfokus pada kesejahteraan orang lain. Mereka juga mempraktikkan belas kasih yang mendalam untuk diri mereka sendiri.

Baca juga artikel terkait: 6 CARA AGAR BISNIS TETAP BISA BERJALAN MESKI TANPA ANDA

Tips Menjadi Pemimpin yang Lebih Tangguh

Untuk mendukung Anda dalam memimpin organisasi yang sukses melalui masa-masa sulit, kami telah menyusun daftar empat praktik bermanfaat yang kami yakini sebagai kunci untuk menjadi pemimpin yang tangguh.

  1. Berlatih bersyukur. Mulailah dengan berlatih bersyukur. Anda dapat mendorong diri sendiri untuk menjadi lebih tangguh dengan berfokus pada hal-hal positif secara teratur.
  2. Meditasi bersama. Baik di kantor atau secara virtual, hubungkan tim Anda dengan bermeditasi bersama. Ini mendorong kreativitas dan memungkinkan karyawan untuk mencoba berbagai pendekatan sampai mereka menemukan yang paling cocok untuk mereka.
  3. Temukan tujuan Anda. Sebagai seorang pemimpin, buat tujuan perusahaan Anda diketahui. Jika tim Anda tidak terhubung dengan misi perusahaan, tingkat motivasi pasti akan menukik. Ingatkan karyawan bahwa mereka berharga dalam membantu mendorong misi itu ke depan.
  4. Waspadai pernapasan Anda. Ini adalah tip sederhana yang dapat Anda praktikkan di mana saja dan kapan saja. Jika pernapasan Anda menjadi dangkal, beri diri Anda waktu sejenak, dan cobalah untuk memperdalam napas Anda. Ini dapat langsung meredakan rasa panik sehingga Anda dapat melanjutkan hari Anda tanpa stres atau kecemasan yang tidak terkendali.

Biarkan kekacauan beberapa bulan terakhir membantu membentuk masa depan organisasi Anda. Terima gangguan sebagai katalis untuk mengembangkan ketabahan, perhatian, dan kepemimpinan yang tangguh, yang semuanya akan memiliki efek positif pada organisasi dan misi Anda secara keseluruhan.

Semoga bermanfaat.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih detil perial manajerial skill atau Anda membutuhkan professional untuk mengupgrade skill tim Anda? Kami siap membantu. Silahkan Anda menghubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui WhatsApp 0812-5298-2900.