TIGA ALASAN MENGAPA PEMIMPIN HARUS BERINVESTASI DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONAL MEREKA SENDIRI



Sebagai pemimpin bisnis, Anda akan memikul banyak tanggung jawab di pundak Anda, terutama sekarang. Anda memiliki hak istimewa untuk memiliki keputusan akhir tentang keputusan eksekutif yang membuat organisasi Anda tetap berjalan. Dan sebagian besar pemimpin tahu betul bahwa pilihan yang Anda buat berdampak langsung pada tim Anda, dan dalam beberapa hal, mata pencaharian karyawan Anda pun ada di tangan Anda. Inilah sebabnya berinvestasi dalam pengembangan profesional perlu menjadi prioritas bagi para pemimpin.

Mungkin terasa aneh untuk fokus pada diri sendiri di tengah pemulihan dari krisis ekonomi global. Dengan berita utama yang menggembar-gemborkan kekurangan tenaga kerja, kesenjangan keterampilan, dan jutaan orang masih kehilangan pekerjaan dan berjuang untuk bertahan hidup, kita semua merasakan tekanan untuk fokus pada pemeliharaan protokol keselamatan Covid-19 dan menyusun ulang harapan tempat kerja untuk mengakomodasi semua perubahan yang dilakukan oleh pandemi.

Tetapi inti dari setiap bisnis yang sukses adalah pemimpin eksekutif yang dapat beradaptasi, inovatif, dan terbuka terhadap pertumbuhan dan perubahan. Dengan pemikiran ini, berikut adalah tiga alasan mengapa Anda harus fokus pada pengembangan profesional Anda sendiri, serta bagaimana perusahaan dan karyawan Anda dapat memperoleh manfaat.

1. Anda memimpin dengan memberi contoh, dan tindakan Anda kemungkinan besar akan menginspirasi orang lain.

Pengembangan profesional penting di setiap industri dan telah menjadi topik populer di kalangan eksekutif yang ingin meningkatkan kemampuan tenaga kerja mereka dari dalam. Mirip dengan pembelajaran sepanjang hayat, minat karyawan dalam pengembangan profesional adalah sesuatu yang dapat Anda ilhami, tetapi hanya jika Anda mencontoh perilaku tersebut. Baru-baru ini saya mengambil kursus tentang kepemimpinan berbasis kekuatan, dan saya sangat terinspirasi oleh para presenter dan kisah-kisah mereka. Setelah kursus, saya memberi tahu tim saya tentang pengalaman dan mendengar dari beberapa dari mereka bahwa mereka juga tertarik untuk mengambil kursus untuk memajukan karir mereka.

Mendengar tentang pengalaman positif yang dimiliki seorang pemimpin dapat menginspirasi dan memotivasi karyawan untuk mengikuti jalan yang sama. Berinvestasi pada diri sendiri pada akhirnya menguntungkan Anda sebagai pemimpin dan anggota tim yang mengikuti jejak Anda, yang semuanya bermanfaat bagi bisnis Anda.

2. Anda tidak tahu apa yang tidak Anda ketahui, jadi Anda harus terbuka untuk belajar.

Industri siapa yang tidak terus berubah? Ini benar sebelum pandemi. Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri, organisasi, dan tim Anda adalah berkomitmen untuk belajar sepanjang hayat. Banyak dari kita pada awalnya tidak siap untuk beralih ke kerja jarak jauh dan rapat Zoom. Sesederhana kedengarannya, saya benar-benar menginvestasikan waktu untuk mempelajari cara membuat rapat Zoom lebih menarik dan produktif dan bagaimana berkomunikasi dengan lebih baik dan membangun budaya tim di tempat kerja jarak jauh dan mengelola tim jarak jauh. Saya juga meminta anggota tim kami untuk berbagi wawasan tentang bagaimana membangun tim yang lebih kohesif, dan kami belajar dari satu sama lain dan bersama-sama.

3. Ketika Anda berhenti belajar, Anda berhenti tumbuh, dan pertumbuhan adalah kunci sukses.

Anda mungkin menjadi pemimpin industri sekarang, tetapi itu bukan alasan untuk berhenti mencari cara untuk meningkatkan dan melakukan apa yang Anda lakukan dengan lebih baik. Tidak ada yang namanya cukup baik dalam bisnis, dan siapa pun yang percaya ada ambang target akan tertinggal. Kunci kesuksesan adalah terus-menerus mengevaluasi kembali apa yang Anda lakukan atau tawarkan dan mempertanyakan bagaimana hal itu dapat dilakukan dengan lebih baik untuk kepentingan basis pelanggan yang lebih luas. Pertumbuhan itu menantang, tetapi tanpa mengambil tantangan ini, kita bisa berakhir stagnan dan tidak berhubungan dengan permintaan pasar saat ini.

Pengembangan profesional adalah topik yang ramai, tetapi membatasi percakapan hanya pada diskusi tentang peluang karyawan adalah suatu kesalahan. Pemimpin bisnis adalah indikator yang sangat terlihat dari keberhasilan atau kegagalan organisasi, jadi kita perlu melakukan segala yang kita bisa untuk terus belajar dan berkembang untuk memastikan kesuksesan kita dan keberhasilan tenaga kerja yang bergantung pada kita.

Dengan berinvestasi dalam pengembangan profesional, para pemimpin dapat mencontohkan komitmen untuk perbaikan berkelanjutan, tetap berada di atas standar industri, dan berinovasi menuju puncak. Setelah tantangan yang kami hadapi tahun lalu, lebih penting dari sebelumnya bahwa kami mengambil langkah untuk menjaga bisnis kami berkembang, dan berinvestasi dalam pengembangan profesional kami sendiri adalah cara sempurna untuk bertindak atas keharusan itu.

Dalam bisnis, siapa yang menjalankan bisnis tersebut menjadi hal yang paling penting, menjadi aset yang sangat berharga. Tak peduli seberapa besar sebuah perusahaan, jika dipegang oleh orang yang salah, maka hanya kehancuran yang menanti. Oleh karena itu, semoga artikel ini bermanfaat, dan jika dari Anda membutuhkan informasi lebih jelas perihal pengembangan profesional atau ada dari Anda yang membutuhkan training manajerial skill & supervisory skill, silahkan hubungi kami DISINI, kami siap membantu Anda.