KETERAMPILAN APA YANG MEMBUAT SESEORANG MENJADI PEKERJA JARAK JAUH YANG EFEKTIF?



Pekerjaan jarak jauh lebih populer dari sebelumnya. Meskipun beberapa bisnis telah kembali ke kantor, tim yang fleksibel dan sepenuhnya jarak jauh adalah bagian dari normal baru.

Salah satu alasan yang baik adalah bahwa pekerja jarak jauh cenderung lebih produktif daripada rekan kerja mereka di kantor.

Namun, bekerja dari rumah tidak secara ajaib menginspirasi tim Anda untuk menyelesaikan lebih banyak hal.

Seringkali, manajer perekrutan mencari tanda-tanda etos kerja yang baik dan mengabaikan keterampilan lain yang membantu tim jarak jauh berhasil.

Etos kerja jarak jauh seseorang adalah seperangkat nilai dan karakteristik yang memungkinkan mereka bekerja dari rumah secara produktif. Kita cenderung menganggap etos kerja sebagai sesuatu yang Anda miliki, atau tidak.

Sebenarnya, etos kerja hanyalah salah satu dari banyak keterampilan inti.

Dalam lingkungan kerja yang sehat, setiap anggota tim bertanggung jawab atas daftar tugasnya sendiri. Mereka membutuhkan etos kerja, kemandirian, keterampilan berpikir kritis, dan kemauan untuk berkomunikasi untuk menyelesaikan pekerjaan.

Tanpa seperangkat keterampilan yang lengkap, tim Anda akan mengalami masalah produktivitas. Kesenjangan komunikasi juga dapat menyebabkan masalah dengan budaya jarak jauh Anda.

Keterampilan Untuk Pekerjaan Jarak Jauh Yang Dibutuhkan Tim Anda

Anggota tim Anda dengan keterampilan bekerja dari rumah ini lebih cenderung menunjukkan etos kerja yang kuat. Cari karakteristik ini dalam karyawan baru.

Jika Anda ingin meningkatkan etos kerja tim Anda, berinvestasilah dalam tim Anda dan bantu mereka mengembangkan keterampilan kerja jarak jauh ini.

1. Keterampilan komunikasi yang hebat

Keterampilan komunikasi anggota tim yang buruk dapat memperlambat seluruh tim dan mengakibatkan tenggat waktu yang terlewat dan proyek yang terlambat.

Semua pekerja jarak jauh yang hebat memiliki keterampilan komunikasi yang sangat baik dan mampu mengomunikasikan pikiran dan ide mereka dengan mudah.

Dalam tim jarak jauh, pekerja akan melakukan sebagian besar komunikasi mereka melalui email dan aplikasi komunikasi. Hal ini membuat penting bahwa mereka pandai mengekspresikan diri secara tertulis.

Selain itu, anggota tim Anda harus pandai mengangkat tangan dan meminta atau menawarkan bantuan.

Ketika tim Anda bekerja dari rumah, komunikasi tidak terjadi secara kebetulan. Setiap kali rekan kerja terhubung, seseorang harus menjangkau dan mewujudkannya.

Bagaimana meningkatkan komunikasi jarak jauh

Anda perlu menetapkan standar bagaimana Anda ingin komunikasi perusahaan terlihat. Dalam kebanyakan kasus, ini akan membutuhkan peningkatan keterampilan komunikasi Anda, yang dapat Anda lakukan dengan:

  • Lebih banyak mendengar dan lebih sedikit berbicara. Sejauh ini, ini adalah cara termudah untuk meningkatkan keterampilan komunikasi Anda. Cukup fokus pada orang lain dan apa yang mereka katakan alih-alih memikirkan apa yang akan Anda lakukan selanjutnya.
  • Perhatikan bahasa tubuh Anda- Bahasa tubuh adalah bagian integral dari komunikasi. Saat berbicara dengan seseorang, pastikan Anda tidak menunjukkan bahasa tubuh yang negatif dengan membungkuk, melihat ke bawah, atau memasukkan tangan ke dalam saku.
  • Mengikuti kursus dan membaca buku. Ada banyak kursus dan buku tentang cara meningkatkan keterampilan komunikasi Anda. Manfaatkan ini untuk menjadi komunikator yang lebih baik.

2. Kemampuan untuk bekerja secara mandiri

Orang yang sangat cocok untuk pekerjaan jarak jauh biasanya tidak membutuhkan banyak pegangan tangan pada pekerjaan. Anggota tim ini tidak akan mengirim email kepada supervisor mereka belasan kali sehari untuk mengajukan pertanyaan yang sebenarnya bisa mereka jawab sendiri dengan sumber daya yang mereka miliki.

Mereka mampu bekerja secara mandiri dan mencari tahu sendiri. Bahkan, mereka lebih menyukainya.

Cara meningkatkan kemandirian dalam tim Anda

Mulailah dengan memastikan bahwa setiap orang memiliki akses ke informasi yang mereka butuhkan. Dokumentasikan semua proses Anda dan gunakan sistem manajemen tugas untuk menyimpan catatan yang baik.

Bagi individu yang membutuhkan sedikit dorongan ke arah yang benar, biasakan menjawab pertanyaan mereka dengan menjelaskan bagaimana mereka dapat menjawabnya sendiri.

Dengan kata lain, jika seseorang bertanya kepada Anda cara yang benar untuk menjawab pertanyaan pelanggan, arahkan mereka ke folder tempat Anda menyimpan panduan dukungan dan beri tahu mereka di mana harus mencari untuk menemukan jawaban itu. Dorong mereka untuk menandai informasi penting sehingga mereka dapat menemukannya lagi.

Seiring waktu, tim Anda akan belajar bahwa mereka dapat dan harus menemukan informasi dan membuat keputusan sendiri.

3. Akuntabilitas

Sebagai pemimpin tim jarak jauh, Anda tidak punya waktu untuk memeriksa semua orang untuk memastikan mereka melakukan apa yang Anda minta.

Anda harus dapat mengandalkan tim Anda untuk melakukan apa yang mereka katakan, memenuhi tenggat waktu, dan berbicara jika sesuatu tidak berjalan sesuai rencana.

Orang dengan keterampilan kerja jarak jauh yang hebat biasanya memiliki kedewasaan untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri. Mereka tidak mengalihkan kesalahan kepada orang lain, melainkan berfokus pada bagaimana bergerak maju.

Bagaimana meningkatkan akuntabilitas

Jika Anda ingin meningkatkan akuntabilitas karyawan Anda, Anda harus memastikan untuk tetap bertanggung jawab sendiri. Menepati janji Anda dan bertanggung jawab ketika segala sesuatunya tidak berjalan seperti yang Anda harapkan.

Ini adalah tempat lain di mana perangkat lunak manajemen tugas sangat berguna. Tetapkan tugas kepada orang-orang tertentu sehingga semua orang tahu siapa yang bertanggung jawab atas apa. Gunakan alur kerja otomatis untuk memastikan semuanya berjalan lancar.

Mengatur tugas-tugas Anda dengan bijaksana membuat segala sesuatunya tidak tergelincir melalui celah-celah. Ini juga memberi tim Anda tempat yang nyaman untuk berkomunikasi jika mereka perlu melakukan penyesuaian.

4. Keterampilan manajemen waktu yang sangat baik

Pekerjaan jarak jauh seringkali disertai dengan jam kerja yang fleksibel.

Orang-orang yang sebelumnya terbatas pada jam kerja tertentu dapat mengalami masalah dalam mengatur waktu mereka ketika mereka pertama kali diizinkan untuk memiliki jadwal kerja yang fleksibel. Waktu dapat dengan cepat menjauh dari seseorang ketika mereka tidak perlu bekerja delapan jam sehari, lima hari seminggu.

Anggota tim jarak jauh yang hebat tahu bagaimana mengatur waktu mereka secara efektif. Mereka sering menggunakan daftar tugas dan alat pelacak waktu untuk menjaga diri mereka tetap teratur.

Para pemain top ini memperhatikan keseimbangan kehidupan kerja. Setiap minggu, mereka bekerja secara konsisten tanpa membiarkan pekerjaan mereka mengambil alih kehidupan rumah tangga mereka. Jika mereka memiliki terlalu banyak hal yang harus dilakukan dan tidak cukup waktu untuk melakukannya, mereka memberi tahu rekan satu timnya sehingga Anda dapat menyesuaikan beban kerja yang sesuai.

Cara mempromosikan manajemen waktu yang lebih baik

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan manajemen waktu di perusahaan Anda adalah dengan menggunakan alat pelacak waktu.

Dengan ini, perkiraan Anda akan lebih akurat karena Anda dapat melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan proyek serupa, dan tim Anda dapat melihat tugas mana yang mulai memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan.

Anda mungkin akan selalu memiliki lebih banyak tugas dalam daftar tugas daripada waktu yang Anda miliki. Prioritas sangat penting untuk manajemen waktu yang baik. Bantu tim Anda menyelesaikan pekerjaan yang benar dalam urutan yang benar dengan menetapkan dan mengomunikasikan prioritas yang jelas.

5. Proaktif

Jika Anda memimpin tim jarak jauh, Anda ingin memiliki karyawan proaktif sebanyak mungkin.

Orang-orang ini tidak hanya mengurus tanggung jawab pekerjaan utama mereka, tetapi juga mencari cara untuk meningkatkan alur kerja dan proses perusahaan yang ada.

Mereka senang membantu dengan berbagai tugas, bahkan jika tugas itu bukan bagian dari tanggung jawab inti mereka.

Anggota tim proaktif adalah karyawan yang terlibat yang mengambil inisiatif alih-alih menunggu seseorang memberi tahu mereka apa yang harus dilakukan.

Bagaimana mendorong tim Anda untuk lebih proaktif

Hadiahi perilaku yang ingin Anda lihat. Ketika anggota tim datang kepada Anda dengan sebuah ide, ucapkan terima kasih karena telah berbicara dan menanggapi saran mereka dengan serius.

Sangat mudah untuk mengkritik ide baru, terutama jika itu berbeda dari apa yang sudah Anda kerjakan. Tahan godaan itu. Anggota tim akan ragu untuk mencoba hal baru atau membuat saran baru jika tanggapan langsung Anda sangat penting.

Jika Anda memperhatikan bahwa tidak ada seorang pun di tim Anda yang sangat proaktif, kemungkinan Anda memiliki masalah budaya.

Mungkin Anda telah melakukan manajemen mikro dan orang-orang tidak merasa diberdayakan.

Mungkin kebijakan Anda memberi penghargaan kepada orang-orang yang berpegang pada status quo daripada mereka yang menciptakan lebih banyak pekerjaan dengan berbagi ide-ide baru.

Lihatlah budaya Anda dan singkirkan penghalang yang menghentikan orang untuk berbicara. Secara bertahap, tim Anda akan merasa lebih nyaman membuat keputusan dan menawarkan pendapat mereka.

Akhirnya

Etos kerja jarak jauh yang baik adalah tanda terbaik dari seorang karyawan dengan keterampilan kerja jarak jauh yang hebat. Jika karyawan Anda saat ini kurang dalam etos kerja departemen, gunakan panduan ini untuk mengatasi masalah tertentu sebelum Anda menyalahkan cacat karakter.

Ingatlah untuk memimpin dengan memberi contoh.

Tunjukkan pada tim Anda bahwa etos kerja itu penting dengan menepati janji Anda dan memenuhi nilai-nilai perusahaan Anda.

Etos kerja tidak berarti bekerja sepanjang waktu untuk membuktikan kesetiaan dan komitmen Anda. Itu bukan cara yang sehat untuk menjalankan tim. Selama tim Anda memenuhi semua komitmen mereka dan melakukan pekerjaan berkualitas tinggi, Anda dapat mempercayai etos kerja jarak jauh mereka.