Piutang Itu Aset atau Liabilitas?


Piutang Itu Aset atau Liabilitas?

Piutang adalah salah satu istilah yang sering muncul dalam dunia akuntansi dan bisnis. Namun, apakah Anda tahu apa arti dan fungsi piutang? Apakah piutang termasuk aset atau kewajiban? Bagaimana cara mengelola piutang dengan baik? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan memberikan Anda pengetahuan yang berguna tentang piutang.

Pengertian Piutang

Piutang adalah uang yang harus diterima oleh perusahaan dari pelanggan atau pihak lain sebagai hasil dari transaksi penjualan barang atau jasa secara kredit. Piutang ini dicatat sebagai aset dalam neraca perusahaan karena merupakan hak perusahaan untuk menerima uang di masa depan. Piutang juga disebut sebagai tagihan atau receivable.

Alasan Piutang Adalah Aset

Piutang adalah aset karena memenuhi kriteria aset, yaitu:

  • Piutang memiliki nilai ekonomis yang dapat diukur.
  • Piutang dapat memberikan manfaat ekonomis di masa depan, yaitu penerimaan kas.
  • Piutang merupakan hak milik perusahaan yang tidak tergantung pada kewajiban perusahaan kepada pihak lain.

Cara Mengelola Piutang dengan Baik

Piutang adalah aset yang penting bagi perusahaan, tetapi juga memiliki risiko, yaitu gagal bayar atau tidak tertagih. Oleh karena itu, perusahaan harus mengelola piutang dengan baik agar tidak mengganggu aliran kas dan kinerja keuangan perusahaan. Berikut adalah beberapa cara mengelola piutang dengan baik:

  • Menetapkan kebijakan kredit yang jelas dan tegas, seperti syarat pembayaran, batas kredit, bunga, dan denda.
  • Melakukan penilaian kredit terhadap calon pelanggan sebelum memberikan kredit, seperti mengecek latar belakang, reputasi, dan kemampuan finansial pelanggan.
  • Melakukan pemantauan dan penagihan piutang secara rutin dan efektif, seperti mengirimkan faktur, mengingatkan jatuh tempo, dan menindaklanjuti pembayaran yang tertunda.
  • Menyediakan cadangan piutang ragu-ragu untuk mengantisipasi kemungkinan kerugian akibat piutang tidak tertagih.

Baca juga Artikel terkait: Cara Membuat Laporan Piutang yang Jelas dan Akurat

Penutup

Piutang adalah aset yang memiliki nilai dan manfaat ekonomis bagi perusahaan. Namun, piutang juga memiliki risiko yang harus dikelola dengan baik. Dengan memahami pengertian, alasan, dan cara mengelola piutang, Anda dapat meningkatkan kesehatan keuangan perusahaan Anda.

Terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat.

Jika Anda membutuhkan profesional untuk membantu Anda membangun manajemen piutang bisnis, kami siap bantu. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor WhatsApp 0812-5298-2900.