SOFTWARE AKUNTANSI KHUSUS UNTUK PERUSAHAAN MANUFAKTUR


Bagi kebanyakan Akuntan yang telah berkecimpung di dunia manufaktur atau perusahaan yang kegiatan utamanya adalah bergerak dalam bidang produksi barang, tentu akan membutuhkan adanya software akuntansi untuk perusahaan manufaktur agar dapat mengkordinir seluruh proses pencatatan operasional perusahaan dengan baik agar dapat selesai dengan lebih cepat, akurat, rapi dan serba terkendali.

Akuntansi untuk perusahaan manufaktur yang mana sering berhubungan dengan adanya bahan baku, bahan pembantu/bahan penolong, bahan produksi dan lain sebagainya yang berkaitan dengan proses industri, tentunya sangat tidak mungkin untuk bisa berjalan dengan baik dan selalu berlarut-larut yang menghabiskan banyak waktu apabila prosesnya masih dikerjakan secara manual. Karena hal ini sangat berhubungan dengan uang dalam jumlah yang tidak sedikit, maka akan menjadi tanggungjawab yang sangat besar untuk seorang Akuntan yang berada dalam perusahaan tersebut apabila dalam proses pencatatanya terjadi kekeliruan dalam proses pencatatannya baik itu adalah terjadi karena suatu ketidak sengajaan tentunya hal ini akan menyebabkan tersendatnya proses keuangan dalam industri manufaktur.

Beberapa kendala yang seringkali dialami oleh para pengusaha ataupun pelaksana kegiatan perusahaan manufaktur dalam proses pencatatan kedalam software akuntansi perusahaan untuk jenis manufaktur adalah sebagai berikut :

Proses akuntansi biaya yang apabila terkelola dengan baik, dapat memberikan informasi yang penting bagi pihak manajemen perusahaan sehubungan dengan :

1. Pengaruh dari penentuan harga jual dari suatu produk.
2. Kecenderungan dari cost.
3. Kinerja per departemen dan perusahaan secara menyeluruh.
4. Kapasitas dari pegawai dan tingkat produksi.

Semuanya sangat berkontribusi besar terhadap adanya penentuan strategi bisnis perusahaan sampai kepada tingkatan tertentu. Untuk hal itu diperlukan adanya sebuah software akuntansi untuk perusahaan manufaktur.

Software akuntansi untuk jenis perusahaan manufaktur memiliki fitur-fitur khusus yang memang sengaja dirancang secara khusus agar dapat memenuhi segala kebutuhan dari pembukuan perusahaan industri sederhana ataupun yang terlampau kompleks, yang kegiatan bisnisnya memproduksi barang tertentu dari bahan baku sampai kepada menjadi barang yang sudah siap jual dan bisa untuk di distribusikan serta membutuhkan pembukuan yang saling berintegrasi dengan pengelolaan stok, keluar masuknya barang, hutang piutang, tagihan, sampai kepada laporan keuangan.

Perusahaan Manufaktur yang proses pencatatan akuntansinya masih menggunakan cara-cara pencatatan secara manual, kelengkapan yang akan digunakan bergantung terhadap karakteristik dari produksi perusahaan yang bersangkutan. Secara umum meliputi beberapa dokumen transaksi, buku jurnal dan buku pembantu serta beberapa peralatan kantor yang digunakan untuk kegiatan menulis, menghitung, mengarsip dokumen dan kegiatan crerical lainya sedangkan apabila proses akuntansinya sudah menggunakan software akuntansi yang khusus untuk industri manufaktur semuanya itu tidak harus dilakukan, proses pencatatannya sudah serba otomatis, untuk laporan hanya tinggal print out saja, semua dokumen sudah sangat siap untuk disediakan.

Untuk info pemesanan software akuntansi perusahaan khusus manufaktur Anda bisa menghubungi atau mengkontak kami untuk informasi lebih lanjut.

Apabila pembaca membutuhkan bantuan dan pendampingan tentang perkembangan bisnis dan konsultasi bisnis atau seputar software akuntansi, silahkan hubungi 0818521172, atau email ke groedu@gmail.com atau groedu_inti@hotmail.com.