KRITERIA SOFTWARE AKUNTANSI LOKAL (INDONESIA) YANG COCOK UNTUK ANDA GUNAKAN


Pada zaman perkembagan yang serba modern seperti sekarang ini, munculnya software akuntansi sudah menjadi suatu kebutuhan yang sangat mendesak untuk setiap pengusaha yang ingin sekali mengembangkan perusahaannya dan dapat memenangkan persaingan diantara sesama pebisnis. Di Indonesia sendiri keberadaan software akuntansi merupakan salah satu tools yang sangat dibutuhkan agar dapat mengelola dan mengolah data serta menyajikan hasil output/informasinya dengan cepat dan tepat yang tingkat keakuratannya sudah tidak diragukan lagi.

Pada perkembangannya software akuntansi lokal (Indonesia) bukan lagi suatu software yang berfungsi hanya sekedar untuk mencatat transaksi-transaksi akuntansi saja, namun sudah berkembang menjadi satu paket software bisnis yang lengkap mulai dari beberapa seperti modul pembelian, penjualan, stock, assembling, manufaktur, hutang, piutang, GL,dan masih banyak lagi.

Memilih software akuntansi loak/program akuntansi yang lebih cocok agar dapat diimplementasikan pada perusahaan bukanlah suatu hal yang mudah, karena hal ini sudah menyangkut dengan pilihan investasi yang nilainya sama sekalit tidak sedikit.

Jika saja kita sudah salah dalam memilih program akuntansi, malah akan menjadi sebaliknya, bukannya menjadi investasi yang membantu perbaikan untuk perusahaan malah akan menjadi beban yang termasuk sebagai kerugian yang harus ditanggung oleh perusahaan.

Oleh karena itu, setidaknya Anda harus mempertimbangkannya dengan sangat matang sebelum akan memutuskan untuk membeli software akuntansi untuk perusahaan Anda dengan memperhatikan beberapa kriteria sebagai berikut :

1. Memenuhi Standar Pelaporan Keuangan Indonesia.

Laporan keuangan terutama pada yang terdapat pada bagian format laporan neraca yang berbeda apabila dibandingkan dengan format negara lain seperti Malaysia atau Singapore yang lebih cenderung untuk mengadopsi format laporan dari Negara Inggris.

Alangkah lebih baik apabila software akuntansi tersebut mampu untuk flexible agar dapat memenuhi kedua format dari Negara tersebut dan dapat dicetak dengan dua bahasa berbeda sekalipun. Tentunya agar dapat memenuhi kebutuhan dari perusahaan yang sifatnya lebih seperti join venture/kerja sama diantara para pengusaha Indonesia dan pengusaha Asing.

2. Mampu Memenuhi Kebutuhan Transaksi yang Berhubungan dengan Perpajakan (PPN dan PPh).

Setidaknya carilah software akuntansi/program akuntansi yang dapat menghitung PPN, mencetak faktur pajak, atau dapat memotong PPh secara otomatis, tentunya akan sangat berguna untuk pihak staff accounting/pajak dalam menerbitkan dokumen atau menyusun laporan perpajakan.

3. Transaksi dan Laporan Sudah Memenuhi Standar Operasional Perusahaan.

Sebagai gambaran pada sisi pembelian, untuk perusahaan yang masih tergolong menengah ke bawah mungkin saja hanya akan memerlukan proses pembelian yang dimulai dari Purchase Order ->Purchase Invoice -> Account Payable, yang mana proses penerimaan barang akan dilakukan bersamaan dengan proses pencatatan tagihan/AP.
Tetapi tidak seperti demikian untuk perusahaan yang lebih besar tentunya membutuhkan beberapa tambahan proses seperti untuk penerimaan barang yang pada umumnya dilakukan oleh para staff gudang, sehingga alur/flownya menjadi seperti berikut : Purchase Order -> Goods Received Note -> Purchase Invoice -> Account Payable.

4. Adanya Jaminan Dari Tehnikal Support/Layanan Purna Jual Dari Vendor Software Accounting.

Adanya jaminan dari support ini sangatlah penting karena jika sewaktu-waktu Anda mengalami permasalahan dan setidaknya membutuhkan bantuan untuk perbaikan maka jangan segan-segan untuk menghubungi CS dari tehnikal supportnya.

Dengan kata lain adanya jaminan support ini merupakan sebagai jaminan seberapa lama Anda akan dapat bertahan untuk menggunakan software akuntansi tersebut.

5. Program Dikembangkan Oleh Pengembang/Vendor Terpercaya.

Bagaimana caranya Anda dapat mengetahui apakah pengembang/vendor dari program tersebut dapat dipercaya atau tidak? Sebenarnya cukup mudah, yaitu hanya diilihat dari iklannya saja, akan tetapi bisa juga terlihat dari track reccord-nya selama ini, sudah berapa lama dalam menjalankan bisnis yang sama atau sudah berapa lama software tersebut dipasarkan.
Sudah berapa perusahaan yang telah menggunakan program akuntansi dari pengembang tersebut, sudah berapa user yang telah memakainya, dan pertanyaan-pertanyaan yang mendekati dengan itu.

6. Tampilan dan Penggunaan yang User Friendly.

Tampilan dari sisi penggunaan user friendly merupakan salah satu kriteria terpenting untuk seorang user, semakin tampilannya user friendly dari suatu program/software akuntansi maka dari pihak user sendiri akan semakin nyaman dalam mengoperasikannya.
Dengan adanya kemudahan terhadap tampilan user friendly diharapkan semoga akan semakin mudah dalam hal mengimplementasikannya.

7. Lebih Mudah Untuk Dipelajari, dan DiImplementasikan Dalam Lingkup Internal Perusahaan.

Desain sistem yang lebih baik, tutorial/help file yang lebih baik dan lengkap, jika memang perlu juga tersedia dalam versi video merupakah penunjang utama agar dapat mempermudah dalam mempelajari software akuntansi selain dari performa dari trainner yang baik dan ramah dalam penyampaian aplikasinya.

8. Teknologi yang Digunakan Dalam Program Merupakan Salah Satu Teknologi Terbaik.

Dengan menggunakan salah teknologi terbaik, setidaknya program akuntansi tersebut akan dapat digunakan minimal adalah lima tahun kedepan bahkan jauh lebih lama dari itu.
Selain itu, software akuntansi tersebut akan selalu dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi sistem operasi yang baru setiap tahunnya.

Teknologi yang terbaru umumnya memiliki kemampuan beberapa tambahan modul/fitur terbaru. Misalnya : jika Anda telah menggunakan database engine Microsoft Sql database atau Oracle database maka Anda akan memperolah beberapa hal positif, diantaranya adalah sebagai berikut :

• Kapasitas penyimpanan yang lebih besar.
• Penggunaan lebih stabil, dan database engine lama biasanya jika terdapat data yang sudah besar maka proses akan semakin melambat dan tidak jarang akan semakin crash, hilang data, serta harus reindex, dan lain sebagainya.
• Proses data lebih cepat, kenapa bisa demikian? karena terdapat beberapa fitur cache yang dapat dianalogikan sebagai tempat penyimpanan atau kulkas di dapur Anda.

9. Mudah di Upgrade Dengan Fitur Baru.

Kebutuhan dari bisnis yang setiap saat seringkali selalu berubah-ubah seiring dengan perkembagan bisnis atau bisa juga mengikuti strategi bisnis yang telah diterapkan oleh perusahaan, maka tidak jarang akan berdampak besar terhadap keharusan dari software akuntansi untuk dapat mengimbangi perubahan yang ada tersebut, maka sangat perlu untuk dipertimbangkan tentang kemampuan dari software akuntansi tersebut dan seberapa besar dapat menangani dari kebutuhan akan perubahan tersebut.

10. Dapat Disesuaikan Dengan Budget yang Ada.

Yang ini tentunya sudah menjadi suatu hal yang sangat penting karena seberapapun cocoknya suatu program akuntansi jika seandainya budget yang ada sama sekali tidak mencukupi untuk membelinya, maka softare akuntansi/ program akuntansi tersebut tidak akan mampu terbeli.
Itulah beberapa kriteria dari software akuntansi lokal (Indonesia) yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan jika akan membeli software akuntnsi yang terbaik.

Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan silahkan hubungi Kontak Kami.

Apabila pembaca membutuhkan bantuan dan pendampingan tentang perkembangan bisnis dan konsultasi bisnis atau seputar software akuntansi, silahkan hubungi 0818521172, atau email ke groedu@gmail.com atau groedu_inti@hotmail.com.