SOLUSI DALAM MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN MENJADI LEBIH CEPAT DAN TEPAT DENGAN SOFTWARE AKUNTANSI BERBASIS ONLINE


Penyajian laporan laba rugi, bersama dengan perubahan modal dan neraca, merupakan satu paket dalam pelaporan keuangan perusahaan yang biasanya dibuat oleh departemen akuntansi. Selain itu, perkembangan teknologi yang semakin lama bertambah maju dengan sangat pesatnya semakin memungkinkan untuk pemanfaatan teknologi agar dapat membantu dan lebih meningkatkan kinerja dari departemen akuntansi. Salah satunya adalah dengan cara menerapkan system software akuntansi yang berbasis online.

Adanya sebuah paket perangkat lunak yang sangat lengkap untuk proses akuntansi yang sudah mencakup dari beberapa fitur dan modul yang berbeda-beda, tergantung dari jenis bisnis apa saja yang sedang dijalankan. Fitur-fitur ini lebih banyak menghasilkan informasi untuk pelaporan angka-angka untuk setiap triwulanan, laporan keuangan secara bulanan semi-tahunan atau juga tahunan. Fitur-fitur sudah termasuk adalah :

1. Rekening Hutang.
2. Rekening Piutang.
3. Penagihan.
4. Gaji.
5. Biaya Pekerjaan.
6. Persediaan.
7. Pembelian.
8. Buku Besar dan lain sebagainya.

Tergantung pada bagaimana perusahaan Anda dalam melaksanakan bisnisnya dan menghasilkan produk atau layanannya masing-masing.

Proses Entri Transaksi

Selama satu bulan, departemen akuntansi akan memasukkan berbagai informasi ke dalam sistem akuntansi. Sistem rekening hutang yang berfungsi untuk memasukkan faktur pembayaran seperti :

1.  Sewa.
2. Utilitas.
3. Biaya kantor dan banyak lagi biaya-biaya yang lainnya.
4. Menyediakan sistem penggajian.
5. Penagihan.
6. Piutang.
7. Umur piutang jatuh tempo dan lain sebagainya.

Seorang Akuntan dan juru tulis akuntansi akan menciptakan entri yang akan menginput data ke dalam sistem. Semua fitur-fitur ini saling berinteraksi satu sama lain dalam cara-cara tertentu yang telah ditetapkan oleh program/sistem yang telah digunakan untuk kebutuhan perusahaan.

Periode akuntansi

Departemen akuntansi akan tetap melengkapi pelaporan keuangan pada setiap akhir periode akuntansi. Sebagian besar perusahaan akan melaporkan secara bulanan, yang berarti selama minggu pertama bulan depan, departemen akuntansi akan terus bekerja untuk menyelesaikan segala kegiatan yang masih tersisa untuk bulan sebelumnya. Misalnya, sebuah perusahaan dapat menetapkan hari kerja ketiga bulan sebagai cut-off untuk memasukkan semua akun hutang untuk bulan sebelumnya. Tergantung dari bagaimana prosedur dari departemen akuntansi perusahaan tentang pelaporan keuangan untuk bulan sebelumnya akan dapat terjadi pada hari kerja pada 10 hari dari bulan baru, setelah semua entri dalam sistem dan pembukuan sudah benar-benar “ditutup.”

Proses Hasil Akhir Berupa Laporan keuangan

Setelah semua entri untuk periode yang sudah lengkap dan buku sudah “ditutup,” proses pelaporan keuangan dapat segera dimulai. Karena masing-masing modul saling berkontribusi sampai ke buku besar, dan laporan keuangan akan bergerak dari setiap saldo rekening-rekening ke dalam buku besar, dari setiap modul harus menutup periode masing-masing untuk membuat pelaporan keuangan yang lebih akurat dalam periode tersebut.

Program akuntansi keuangan atau akuntansi terutama yang berbasis online biasanya menggunakan laporan keuangan standar yang memang sudah tertanam dalam perangkat lunak tersebut. Kemudian pengaturan parameter dari laporan dan menjalankannya dengan cara meng klik tombol. Sebelum departemen akuntansi akan menyampaikan laporan keuangan pada pihak manajemen, departemen akuntansi akan tetap menguji keakuratannya. Seorang akuntan memiliki metode untuk memeriksa untuk memastikan bahwa laporan keuangan yang telah di cek harus benar-benar seimbang.

Laporan keuangan, juga biasanya disebut sebagai laporan keuangan yang berarti catatan terperinci dari berbagai aktivitas keuangan dari suatu bisnis. Laporan keuangan adalah komponen terpenting dalam memahami apakah bisnis dapat menghasilkan laba atau malah justru sebaliknya malah semakin kehilangan uang, dan berapa banyak uang tunai yang masih dimiliki oleh perusahaan. Laporan keuangan lebih banyak memberikan para pemilik bisnis tentang sebuah pemahaman yang sangat berharga tentang kesehatan dari keuangan perusahaan, sehingga mereka akan dapat membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas untuk kedepannya. Neraca, dan laporan laba rugi (juga disebut hanya laba rugi saja), dan laporan arus kas dari ke tiga laporan keuangan utama bisnis dan termasuk ke dalam fitur yang biasanya banyak diberikan oleh program akuntansi online.

Program akuntansi online banyak memudahkan dalam hal penyusunan laporan keuangan bagi para pebisins yang menjadi lebih cepat, mampu menghemat banyak waktu, biaya menjadi lebih efisien, dapat mengakses kapanpun dan di mana saja. Kembangkanlah bisnis Anda dengan memulai pembukuan yang benar mulai sekarang. Dengan berbagai fitur yang diberikan oleh software akuntansi berbasis online, seperti:

1.    Faktur/Invoice & PO (Purchase Order), Surat Jalan profesional secara otomatis.
2.    Laporan Cepat & Tepat, susunan laporan finansial dan segala aktivitas bisnis.
3.    Mengontrol Stok Persediaan, memonitor stok serta melakukan stok opname untuk laporan yang lebih tepat.
4.    Kolaborasi dengan menambah pengguna lainnya untuk performa kerja menjadi multi-tasking.
5.    Online Live Cha, hubungi kami dan tim support akan siap untuk membantu para pebisnis.

Apabila pembaca membutuhkan bantuan dan pendampingan tentang perkembangan bisnis dan konsultasi bisnis atau seputar software akuntansi, silahkan hubungi 0818521172, Office : 031-21100152 atau email ke groedu@gmail.com bisa juga groedu_inti@hotmail.com