TIPS BAGAIMANA MEMILIH SOFTWARE PAYROLL (PENGGAJIAN) YANG COCOK BAGI BISNIS ANDA


Adanya bantuan dari software payroll dalam dunia bisnis terutama untuk departemen HR (Human Resources) internal perusahaan memang memiliki peranan yang sangat penting bagi berjalannya proses administrasi karyawan setiap bulannya. Dengan mulai menggunakan software payroll maka perusahaan Anda akan dapat menjadikan proses administrasi para karyawan menjadi semakin lebih efektif dan efisien. Dan dengan adanya penggunaan software payroll maka admin HR dari bisnis Anda tidak sampai menghabiskan banyak waktu berlama-lama hanya untuk sekedar menghitung gaji karyawan setiap bulannya agar tidak sampai keliru dalam penganggarannya.

Penghitungan gaji karyawan setiap bulan sudah barang tentu akan banyak menghabiskan waktu untuk penghitungan yang berulang-ulang. Seluruh komponen gaji karyawan terutama yang memiliki jumlah karyawan yang mencapai ribuan memang harus dihitung dengan sangat baik dan benar-benar teliti, seperti yang kita tahu bahwa komponen gaji karyawan di Indonesia juga memang harus disesuaikan dengan peraturan perpajakan dan juga BPJS (Kesehatan dan juga Ketenagakerjaan). Jadi perusahaan pun harus memilih software payroll terbaik agar perhitungan gaji karyawan dapat terselesaikan dengan akurat dan cepat.

Karena itulah berikut ini merupakan beberapa tips bagaiaman dalam memilih software payroll yang baik :

1.    Pilihlah Program Payroll yang Mudah di Pahami.

Tidak semua software payroll bisa dengan mudah untuk dipahami oleh para admin HR yang menjalankan prosesnya setiap bulan. Sebelum Anda memutuskan untuk memilih software payroll Anda juga harus paham bagaimana cara pengerjaannya terlebih dahulu, apakah program ini memang cukup mudah dipahami atau tidak oleh karyawan Anda. Kemudahan penggunaan software ini sangatlah penting karena akan semakin menyingkat waktu pembelajaran apabila terdapat karyawan baru yang telah ditugaskan untuk melakukan penghitungan ini maka waktunya tidak akan terlalu lama dan terbuang sia-sia hanya digunakan untuk mempelajari cara-cara penggunaan software seperti ini.

2.    Prosesnya yang sudah teruji dan diakui keakuratannya.

Dalam pemilihan software payroll ini, Anda juga harus memastikan bahwa akurasi dari perhitungannya. Terlebih lagi apabila di Indonesia terdapat berbagai kebijakan dalam hal penghitungan gaji, jadi apabila software yang telah Anda gunakan saja tidak akurat maka Anda harus melakukan proses pengecekan ulang atau bahkan mengerjakannya berulang-ulang. Tentunya hal ini akan menghabiskan lebih banyak waktu Anda bukan?

3.    Perhatikan fitur yang tersedia pada Program.

Software payroll yang baik pastinya memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap yang sudah saling terintegrasi sehingga mampu menghasilkan penghitungan yang benar-benar akurat. Anda harus memastikan bahwa fitur-fitur ini dan bagaimana fitur tersebut dapat berintegrasi antara satu dengan yang lainnya. Hal ini tentunya akan semakin membantu Anda dalam mempercepat penghitungan payroll setiap bulannya.

4.    Program yang selalu terupdate.

Peraturan seputar penggajian di Indonesia pastinya akan selalu terus berubah dan Anda juga diwajibkan untuk selalu uptodate serta memastikan tentang hal ini. Apabila software payroll yang Anda pilih selalu terupdate dengan baik dari sisi sistem penggajian dan juga tentang perpajakan di Indonesia, maka Anda tidak perlu merasa khawatir lagi akan hal ini.

5.    Pilihlah software Payroll yang fleksibel.

Fleksibel merupakan salah satu hal terpenting dalam pemilihan software payroll bagi perusahaan Anda. Pilihlah software yang lebih fleksibel sehingga apabila suatu saat terjadi perubahaan kebijakan secara mendadak pada perusahaan Anda, maka Anda dapat langsung menyesuaikannya dengan software yang Anda gunakan saat ini. Oleh karena itu, Anda harus memastikan dengan baik tentang pemilihan software payroll terbaik bagi perusahaan Anda.

Apabila pembaca membutuhkan bantuan dan pendampingan tentang perkembangan bisnis dan konsultasi bisnis atau seputar software akuntansi, silahkan hubungi 0818521172, Office (only call no sms)  : 081-59417699 atau email ke groedu@gmail.com bisa juga groedu_inti@hotmail.com