TIPS HR: BEBERAPA HAL YANG MAMPU MENARIK MINAT PARA KARYAWAN DARI LINGKUNGAN KERJA MEREKA


Pegawai atau karyawan merupakan salah satu asset yang paling berharga bagi perusahaan, karena adanya kontribusi dari mereka lah yang mampu untuk mempengaruhi berkembang atau tidaknya sebuahi perusahaan. Konsultan manajemen SDM mengharapkan, setidaknya Anda harus memahami bahwa kinerja yang selama ini telah mereka lakukan juga masih bergantung dari bagaimana perusahaan dapat menghargai seperti apa yang sudah mereka lakukan selama ini. Namun fakta dilapangan yang sebenarnya terjadi adalah bahwa menghargai kontribusi dari mereka saja sebenarnya masih tidak cukup untuk menjadikan mereka bisa merasa nyaman dan bahagia saat mereka sedang bekerja di perusahaan Anda.

Sebagai seorang pimpinan perusahaan, maka Anda semakin dituntut untuk mampu menjadikan para karyawan dapat bekerja lebih baik untuk setiap harinya. Lalu sebenarnya, apa yang harus Anda lakukan agar mampu menjadikan mereka bisa merasa nyaman berada di lingkungan kerjanya masing-masing? Maka berikut ini merupakan beberapa tips yang akan diberikan oleh konsultan manajemen SDM kepada Anda sekalian.

images1. Peralatan untuk bekerja yang lebih memadai.

Dalam hal menyelesaikan tugas-tugasnya, tentu saja karyawan Anda juga tetap membutuhkan adanya peralatan dan fasilitas-fasilitas sebagai penunjang pekerjaan mereka yang cukup memadai dari perusahaan Anda. Misalnya, jika perusahaan Anda yang bergerak dalam bidang bisnis online, maka sebelumnya terlebih dahulu siapkan berbagai peralatan lengkap sebagai penunjangnya, seperti perangkat komputer, laptop, jaringan internet, atau bahkan berasal dari aplikasi yang dapat semakin memudahkan segala pekerjaan-pekerjaan mereka. Hal-hal seperti ini tentu saja menjadi bagian terpenting yang harus bisa Anda penuhi jika tidak ingin semakin ditinggalkan oleh para karyawan berbakat yang Anda miliki saat ini.

Dengan demikian, Anda harus memastikan bahwa mereka memiliki keahlian dalam menggunakan teknologi yang selama ini telah disediakan. Pastikan juga bahwa mereka dapat menggunakan sistem kohesif yang cukup untuk membantu perusahaan dalam mencapai sasaran targetnya.

2. Ruangan untuk bekerja yang nyaman.

Lingkungan kerja juga sangat dipengaruhi oleh bagaimana suasana dari ruangan kerja. Percaya atau tidak percaya, bahwa sebenarnya karyawan sangat memperhatikan setiap detail dari ruang kerja mereka di perusahaan Anda. Ruang kerja inilah yang nantinya akan menjadi tempat di mana mereka akan bisa menyelesaikan segala tugas-tugasnya dalam sehari penuh. Membangun ruang kerja yang lebih nyaman, maka itu berarti bahwa Anda juga harus lebih memperhatikan kebersihan sampai dengan tata letak dari posisi duduk setiap masing-masing karyawan.

Terdapta sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa “posisi mampu menentukan prestasi”, maka pastikan juga bahwa Anda telah membuat mereka merasa lebih bersemangat untuk bekerja di lingkungan yang memang satu bidang dengannya. Misalnya seperti, Anda bisa mengatur posisi duduk dari divisi pemasaran yang lebih dekat dengan divisi kreatif, kedua divisi ini memang lebih berpotensi dalam menghasilkan sesuatu yang lebih maksimal jika dapat bekerja sama dengan lebih baik.

3. Lingkungan kerja yang cukup menyenangkan karyawan.

Hal yang harus bisa Anda lakukan selanjutnya untuk menjadikan para karyawan dapat merasa lebih nyaman berada di lingkungan kerja adalah dengan cara menciptakan lingkungan kerja yang sedikit lebih menyenangkan. Anda tetap bisa menjaga wibawa sebagai seorang atasan, namun juga sebisa mungkin untuk menghindari dalam bersikap secara semena-mena atau bahkan merasa arogan terhadap mereka. Sebaiknya jangan langsung menegur mereka yang telah melakukan kesalahan di depan karyawan lainnya, karena hal seperti ini akan menjadikan mereka merasa malu dan akan merasa tidak nyaman lagi untuk bekerja pada perusahaan yang Anda pimpin saat ini.

4. Memberikan rewards bagi mereka yang memiliki kinerja baik.

Setelah melakukan tugas-tugasnya dengan baik, setiap karyawan tentunya ingin mendapatkan penilaian dari perusahaan. Pengakuan atas berbagai kontribusi mereka, serta adanya rewards yang akan diberikan oleh perusahaan akan menjadikan mereka dianggap sebagai sosok yang memegang peran penting atas jalannya proses perusahaan. Anda bisa memberikan rewards pada saat mereka telah berhasil mendapatkan proyek besar atau berhasil menyelesaikan berbagai tugas-tugasnya sesuai dengan deadline yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

5. Sistem yang transparansi pada internal perusahaan.

Transparansi merupakan salah satu kunci sukses dari suatu perusahaan. Bukan berarti bahwa karyawan harus mengetahui tentang keseluruhan dari hal-hal yang lebih bersifat confidential perusahaan, namun setidaknya pastikan bahwa mereka memang mengetahui tentang hal-hal yang memang sangat perlu untuk mereka ketahui. Seperti: bagaimana alur kerja mereka, seperti apa target yang diharapkan oleh perusahaan, progress perusahaan dalam mencapai target tersebut, dan tidak sampai ketinggalan sistem administrasi HR nya.

Khususnya bagi administrasi HR, Anda dapat menggunakan bantuan dari penggunaan teknologi HR agar tercipta sebuah sistem perusahaan yang lebih transparan. Berbasis teknologi cloud, berbaagai keperluan dan kebutuhan dari proses administrasi HR dapat diurus melalui satu program, mulai dari data-data absensi, cuti, sampai dengan perhitungan gaji. Dengan cara seperti ini, maka mereka juga akan bisa ikut serta dalam memantau berbagai keperluan administrasi mereka dan mampu menyesuaikannya dengan keperluan masing-masing. Sangat mudah, praktis, dan efisien bukan!

6. Peningkatan kesejahteraan.

Kesejahteraan mungkin saja menjadi salah satu hal yang paling menarik perhatian bagi para karyawan saat berada di lingkungan kerja. Hal ini tentu saja bukannya tanpa alasan, karena kontribusi besar yang telah mereka berikan bagi perusahaan selama ini. Namun di sisi lainnya, kesejahteraan juga sangat berdampak lebih besar terhadap bagaimana kinerja mereka dalam berupaya untuk bisa memenuhi target yang telah diberikan oleh perusahaan. Kesejahteraan bisa Anda berikan dalam bentuk berupa asuransi kesehatan, program dana pensiun, makan siang, dan lain sebagainya.

Hal-hal yang sebenarnya paling menarik perhatian para karyawan di lingkungan kerja adalah berupa suasana kerja yang cukup menyenangkan, ketersediaan teknologi yang mereka butuhkan dalam bekerja, ruang kerja yang nyaman, penghargaan bagi mereka, sampai dengan kesejahteraan yang sudah diberikan oleh perusahaan terhadap mereka. Dengan cara mengetahui bagaimana keinginan mereka, maka konsultan manajemen SDM berharap bahwa Anda memiliki peluang yang lebih besar dalam menyusun strategi yang mampu untuk meningkatkan kinerja mereka, bukan? Semoga bisa bermanfaat, terimakasih dan salam sukses.
Apabila pembaca membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai artikel di atas dan membutuhkan bimbingan dalam pembuatan SOP manufacturing, membutuhkan software accounting dan Job costing, silahkan hubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu! Terimakasih dan salam sukses.