5 LANGKAH UNTUK MENETAPKAN TUJUAN YANG BENAR-BENAR AKAN DICAPAI OLEH TIM ANDA



Setiap dari Anda pribadi atau perusahaan pasti memiliki sebuah tujuan atau harapan agar bisa menjadi lebih baik.

Anda mungkin sudah memikirkan daftar tujuan keterlibatan baru, tetapi mencapainya mungkin tampak seperti tugas yang menakutkan pada pandangan pertama.

Dalam posting ini, saya akan memandu Anda melalui lima langkah mudah untuk menetapkan tujuan yang benar-benar akan dicapai oleh Anda dan tim Anda.

Mulailah Dengan Mengapa

Sebelum Anda memulai proses penetapan tujuan di awal setiap tahun, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan:

  • Pertimbangkan apa yang penting bagi bisnis Anda tahun ini.
  • Dengarkan apa yang dikatakan orang-orang Anda melalui berbagai saluran komunikasi seperti wawancara keluar, Glassdoor atau survei karyawan.
  • Bicaralah dengan orang-orang di kantor untuk mencari tahu apa yang penting bagi mereka dan seperti apa suasana di perusahaan.
  • Lihatlah proyek yang telah Anda selesaikan tahun sebelumnya dan analisis keberhasilannya.

Ingat, penting untuk bertanya pada diri sendiri satu pertanyaan sederhana tentang setiap tujuan: Mengapa? Ini adalah penetapan tujuan.

Kami tidak terpaku pada terminologi, dan terkadang kami menggunakan tujuan dan sasaran secara bergantian. Apa pun terminologi yang Anda suka gunakan, yang terpenting adalah membuat tujuan yang SMART.

Setelah Anda menentukan alasannya dan memastikan tujuan Anda SMART, inilah saatnya untuk mulai merencanakan tujuan strategis Anda. Berikut beberapa ide untuk Anda mulai saat memikirkan organisasi Anda sendiri:

Tip # 1: Setiap tujuan membutuhkan pemilik

Sesederhana kedengarannya, ketika satu orang bertanggung jawab untuk satu tujuan, kemungkinan besar tujuan tersebut akan mencapai tujuan.

Ketahuilah bahwa ini bukan pekerjaan Semua Orang. Semua orang tidak akan melakukannya. Artinya, dalam tahap penetapan tujuan, itu kunci untuk melampirkan satu tujuan utama per orang dan menetapkan ekspektasi yang jelas untuk tujuan tersebut sejak awal.

Tip # 2: Buatlah tujuan yang terlihat oleh semua orang

Sasaran yang Anda buat haruslah dapat dilihat oleh seluruh tim dan dapat diakses oleh seluruh tim. Setiap orang dapat melihat apa yang sedang dikerjakan orang lain dan status tugas dan tujuan mereka.

Kami juga membuat pembaruan ini terlihat oleh perusahaan, melalui platform keterlibatan karyawan kami, boom !, sejalan dengan keyakinan kami untuk bersikap terbuka dan jujur, dan juga perusahaan membuat kami bertanggung jawab atas komitmen kami.

Ketahuilah bahwa visibilitas mendorong akuntabilitas. Menyelaraskan tujuan individu, tim, departemen, dan perusahaan mendorong organisasi menuju sukses lebih cepat daripada organisasi yang tidak menetapkan tujuan dan menjalankan cara berbeda untuk mencapai misi yang sama.

Tip # 3: Tetapkan tujuan yang memotivasi Anda

Saat menetapkan tujuan untuk diri sendiri, Anda pasti ingin memastikan bahwa tujuan tersebut adalah sesuatu yang benar-benar ingin Anda capai dan sesuatu yang penting bagi bisnis. Ini tidak berarti menghindar dari tantangan – pastikan semua anggota tim diberikan tantangan yang cukup dengan tujuan dan pekerjaan sehari-hari.

Anggota tim kami terus-menerus tertantang dengan tujuan mereka dan memiliki kesempatan untuk mempelajari sesuatu yang baru. Dan ketika tujuan ditetapkan, orang yang memiliki tujuan adalah orang yang area tanggung jawabnya paling dipengaruhi oleh tujuan tersebut. Ini memastikan bahwa pemilik memiliki minat yang tinggi pada tujuan, dan pengetahuan yang cukup untuk mencapainya dengan bantuan tim.

Tip # 4: Tetaplah dengan itu

Pada awalnya, tujuan bisa jadi menakutkan, menakutkan dan hasil akhirnya tampak begitu jauh. Ingatlah untuk tetap berpegang pada rencana Anda, tetapkan tenggat waktu, pengingat, dan slot waktu untuk mengerjakan rencana Anda. Beberapa detail dapat berubah di sepanjang jalan (sebagai tim SDM yang gesit, yang kami lakukan setiap saat) – Anda mungkin menemukan cara yang lebih baik untuk mencapai tugas, atau beberapa tujuan juga dapat berubah. Tetapi begitu Anda mengingat tujuan akhir, atau tujuan, dan Anda membuat kemajuan, maka Anda pasti akan sampai di sana.

Tip # 5: Tujuan jangka pendek terkadang lebih mudah dicapai daripada tujuan jangka panjang

Dalam semua hal di atas, kami berbicara tentang tujuan tahunan kami. Tapi inilah sesuatu yang kami pelajari dari pengalaman. Setahun bisa terasa seperti waktu yang sangat lama, dan mudah untuk kehilangan fokus dan mengingat akhir ketika masih sangat jauh. Di sinilah tujuan jangka pendek (biasanya triwulanan) berguna.

Melihat Anda telah mencapai sesuatu dalam tiga bulan tidak hanya bermanfaat dan memberi semangat, tetapi juga bisa menjadi batu loncatan atau tonggak untuk mencapai tujuan yang lebih besar. Kami tahu untuk memecah tujuan menjadi potongan-potongan kecil dan pencapaian triwulanan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, atau jika masih memerlukan pengetahuan lebih perihal bagaimana manajemen yang baik dan cocok untuk bisnis Anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.