STRATEGI AMBUSH MARKETING UNTUK MENYAINGI KOMPETITOR


Ambush marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang masih jarang digunakan oleh banyak brand. Padahal, metode satu ini dianggap sebagai cara paling ampuh untuk kalahkan kompetitor di dalam pasar.

Ada banyak perusahaan raksasa dari berbagai bidang seperti BMW, Audi, Samsung, Apple, dan Nike yang sudah pernah melakukan strategi pemasaran ini. Strategi alternatif ini juga memakan banyak biaya dan dapat meningkatkan brand awareness perusahaan dengan cepat.

Apa yang Dimaksud dengan Ambush Marketing?

Ambush marketing adalah praktik membajak kampanye pemasaran milik perusahaan lain. Awalnya, strategi marketing ini digunakan untuk mengasosiasikan dengan acara tanpa membeli hak untuk mencuri sorotan dari kompetitor yang menjadi sponsor resmi.

Hal ini dilakukan untuk memanfaatkan jumlah audiens yang besar atau sekadar menyerang para kompetitor. Ambush marketing campaign juga memungkinkan brand untuk menunjukkan kepribadian perusahaan dengan memunculkan ide-ide cerdas dan kreatif yang menarik perhatian audiens mereka.

Baca juga artikel terkait: STRATEGI AGAR PRODUK KITA TERDISTRIBUSI LEBIH CEPAT DAN EFISIEN

Jenis-Jenis Ambush Marketing

1. Predatory Ambushing

Aalah satu jenis ambush marketing yang paling sering digunakan oleh perusahaan adalah predator ambushing. Judul untuk strategi ini diambil dari istilah “predator”, sebuah hewan yang hidup dengan memangsa hewan lain.

Predatory ambushing sendiri mengacu pada sebuah brand yang dengan sengaja menyerang upaya pemasaran kompetitornya demi mendapatkan pangsa pasar dan membingungkan konsumen.

2. Coat-tail Ambushing

Tipe ambush marketing yang kerap dimanfaatkan oleh brand-brand besar adalah coat-tail ambushing. Inisiatif ini merupakan upaya brand untuk secara langsung mengaitkan diri dengan acara tanpa menjadi sponsor resmi yang sama.

Misalnya, brand pakaian olahraga Nike dapat mensponsori pemain sepak bola yang berpartisipasi dalam sebuah kompetisi yang disponsori oleh Puma.

3. Self-ambushing

Tipe ambush marketing ini berarti bahwa suatu brand yang memiliki hak sponsor terlibat dalam kegiatan-kegiatan tertentu yang tidak disebutkan dalam kontrak. Contohnya brand minuman beer Carlsberg yang menjadi sponsor resmi UEFA European Championship 2008 memberikan kaos dan headband kepada para atlet. Hal tersebut tidak tertulis pada kontrak sponsor yang telah mereka sepakati sebelumnya.

4. Property atau Trademark Infringement

Maksud dari jenis strategi ambush marketing ini adalah ketika sebuah brand menggunakan logo, simbol, atau frasa brand lain untuk mempromosikan produk atau layanannya yang membuat pelanggannya bingung. Namun, tipe direct ambush marketing ini dapat mengurangi upaya pemasaran dari pemilik properti.

Baca juga artikel terkait: FAKTOR KEGAGALAN DALAM PEMBUATAN MARKETING PLAN (RENCANA PEMASARAN)

Kelebihan dan Kekurangan Ambush Marketing

Seperti strategi pemasaran lainnya, ambush advertising memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apa saja kelebihan dan kekurangan ambush marketing?

Kelebihan

  • Efektivitas biaya
  • Meningkatkan brand equity
  • Terjaminnya kebebasan dan fleksibilitas pemasaran bisnis
  • Menjadi kesempatan bagi startup untuk memulai bisnis mereka
  • Membawa persaingan yang lebih tinggi yang memberikan harga lebih rendah bagi konsumen

Kekurangan

  • Strategi ini membuat Anda kesulitan untuk menghitung ROI
  • Membutuhkan respons cepat dan perencanaan terperinci
  • Bergantung pada waktu dan ruang
  • Hanya bergantung pada iklan kompetitor untuk mengatasi perencanaan tindakan bisnis

Akhir Kata

Itulah pemaparan mengenai ambush marketing, dimulai dari definisi hingga kelebihan dan kekurangannya. Intinya, ambush marketing adalah cara brand untuk mengkooptasi upaya pemasaran milik perusahaan lain.

Meskipun terlihat tak etis, strategi ini valid dan legal. Maka dari itu, sebagai marketer, jangan ragu untuk manfaatkan metode ini guna tingkatkan awareness brand.

Demikian, semoga bermanfaat. Dan jika Anda membutuhkan informasi lebih perihal artikel diatas atau informasi strategi marketing lainnya, kami siap membantu. Silahkan hubungi kami melalui emai groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor WhatsApp 0812-5298-2900.