MEMAHAMI PENTINGNYA SEGMENTASI PASAR


Menentukan segmentasi pasar merupakan salah satu langkah pertama dalam merintis bisnis. Proses ini nantinya menghasilkan kelompok-kelompok konsumen yang dijadikan sebagai target penjualan. Dengan begitu, Anda bisa mendapat gambaran produk yang lebih ideal untuk dipasarkan ke calon konsumen.

Namun, sebenarnya apa itu segmentasi pasar? Lalu, apa saja tujuan dan manfaatnya? Nah, untuk Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai segmentasi pasar, simak penjelasan berikut.

APA ITU SEGMENTASI PASAR?

Segmentasi pasar adalah strategi marketing yang menuju pada pembagian target pasar ke kelompok atau segmen yang lebih kecil. Segmentasi dibagi berdasarkan kebutuhan, demografi, prioritas, minat, dan perilaku.

Segmentasi pasar juga membantu para pelaku bisnis perusahaan dalam menjawab kebutuhan pelanggan, meminimalisir kesalahan produksi, dan mengelola produk. Dengan begitu, pelanggan akan lebih puas dengan produk atau layanan yang Anda pasarkan.

Tidak hanya unutk kebutuhan produksi, segmentasi pasar juga berkaitan dengan pelaksanaan strategi marketing. Segmentasi pasar ini dapat membantu Anda menentukan strategi marketing yang tepat untuk menjangkau konsumen. Apalagi setiap segmen memiliki kebutuhan dan cara pemasaran yang berbeda.

TUJUAN SEGMENTASI PASAR

Meski tujuan segmentasi pasar yang paling diutamakan adalah untuk meningkatkan efisiensi pemasaran yang berfokus pada segmen tertentu. Namun, ada beberapa tujuan lain yang harus Anda ketahui. Berikut penjelasan singkatnya.

1. Pelayanan yang Baik

Segmentasi pasar dilakukan untuk memberi pelayanan yang baik ke konsumen. Hal ini dapat membantu Anda dalam memahami kebutuhan konsumen. Dengan begitu, Anda bisa memberi solusi yang sesuai. Selain itu, pelayanan yang baik juga jadi bukti jika Anda mampu mengkomunikasikan produk ke konsumen.

2. Merancang Produk dan Layanan yang Sesuai

Segmentasi pasar akan membantu Anda dalam memahami tentang pasaran. Hal inilah yang membuat Anda dapat merancang produk dan layanan sesuai kebutuhan konsumen. Tak herean kalau segmentasi pasar termasuk elemen bisnis model canvas yang perlu saat merancang produk.

3. Pemanfaatan Sumber Daya

Melakukan segmentasi pasar berarti memberikan rincian target pasar dan kebutuhan konsumen. Hal ini dapat membantu tim produksi dalam menghasilkan produk yang dibutuhkan konsumen. Jadi, tidak akan terjadi pemborosan sumber daya.

4. Perencanaan yang Efektif

Tujuan segmentasi pasar selanjutnya adalah dapat membuat perencanaan yang efektif. Hal ini dapat terjadi karena Anda sudah melakukan spesialisasi pasar, dan memiliki informasi yang rinci tentang kebutuhan target pasar. Makanya, proses perencanaan strategi pasar bisa berjalan lebih efektif.

5. Lebih Mudah Melakukan Perubahan.

Kondisi pasar sifatnya dinamis, yang merupakan keinginan manusia yang terus berubah-ubah. Tak heran kalau proses pembaruan produk dan strategi marketing harus terus dilakukan.

Nah, hal ini dapat dilakukan dengan lebih mudah jika pasar tersegmentasi. Karena Anda sudah mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan konsumen.

MANFAAT SEGMENTASI PASAR

Adapun manfaat segmentasi pasar yang perlu Anda ketahui, yaitu sebagai berikut.

  • Pesan Pemasaran yang lebih kuat
  • Menerapkan strategi marketing yang tepat
  • Menarik konsumen yang tepat
  • Meningkatkan branding
  • Meningkatkan keuntungan
  • Mengembangkan produk menjadi lebih baik

Baca juga artikel terkait: BAGAIMANA MENJANGKAU PELANGGAN TERTARGET ANDA?

PENUTUP

Demikian penjelasan mengenai segmentasi pasar dalam dunia bisnis dan perusahaan. Tujuan segmentasi pasar adalah untuk menjangkau target pasar. Dari penjelasan di atas, segmentasi perlu dilakukan agar sebuah produk bisa terdistribusi dengan baik. Semoga bermanfaat.

Dan jika Anda membutuhkan informasi lebih detil perihal manajemen pemasaran bisnis atau distribusi produk, kami siap membantu.

Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung hubungi WhatsApp 0812-5298-2900.