PRAKTIK TERBAIK CUSTOMER SELF-SERVICE


Customer Self-Service secara bertahap menjadi aspek penting dari strategi layanan pelanggan banyak perusahaan.

Ketika perusahaan Anda berhasil menerapkan Customer Self-Service, Anda mempermudah pelanggan untuk menyelesaikan masalah tanpa menunggu tanggapan layanan pelanggan. Konsumen selalu dapat menggunakan pusat bantuan, portal pelanggan, atau komunitas Anda saat dukungan pelanggan langsung Anda tidak tersedia.

Dalam banyak kasus, pelanggan bahkan tidak mau repot-repot menghubungi agen dukungan karena mereka sudah menemukan jawabannya.

Apa itu Customer Self-Service?

Customer Self-Service adalah model dukungan teknis di mana perusahaan menyediakan informasi kepada pelanggan untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri. Saluran swalayan utama meliputi chatbot otomatis, pusat bantuan, dan komunitas pelanggan.

Baik pelanggan maupun perusahaan mendapat manfaat dari opsi layanan mandiri ini. Pelanggan menganggap saluran bantuan mandiri seperti itu bermanfaat karena kenyamanan, fleksibilitas, dan ketersediaannya yang selalu tersedia. Mereka tidak perlu menunggu selamanya untuk mendapatkan balasan dari perwakilan pelanggan untuk hal-hal sederhana.

Perusahaan mengadopsi model layanan mandiri sebagai saluran garis depan layanan pelanggan mereka. Mereka dapat memberikan dukungan online kepada pelanggan tanpa memerlukan agen yang tersedia 24/7 untuk interaksi langsung. Jika masalah dapat diselesaikan, pelanggan masih dapat menjadwalkan panggilan dengan perwakilan dukungan sesuai keinginan mereka. Customer Self-Service sangat penting untuk bisnis Anda, terutama pada beberapa periode puncak.

Kiat untuk Memberikan Customer Self-Service yang Luar Biasa

Selain mengadopsi praktik Customer Self-Service terbaik, Anda juga memerlukan tip berikut untuk lebih berhasil dalam menyediakan opsi layanan mandiri yang sangat baik.

1. Pahami pelanggan Anda

Ini adalah langkah penting dalam membantu merancang opsi Customer Self-Service yang paling membantu bagi pengguna. Anda harus memiliki pemahaman yang komprehensif tentang kepribadian, perjalanan, dan perilaku pencarian pelanggan Anda.

Kesalahan layanan pelanggan umum juga harus diselidiki untuk menghindari keadaan yang tidak terduga.

Setelah benar-benar mengenal pelanggan Anda luar dalam, Anda dapat mengetahui kemungkinan masalah, kekhawatiran, atau kesulitan yang mereka miliki. Dan karena itu Anda dapat memberikan opsi layanan mandiri yang paling berguna bagi pelanggan Anda.

2. Terus perbaiki Customer Self-Service Anda

Harapan pengguna akan selalu berubah dan pelanggan akan selalu menuntut layanan yang lebih baik dari Anda. Oleh karena itu, Anda harus terus menyempurnakan dan meningkatkan portal swalayan pelanggan Anda untuk memenuhi dan melampaui harapan pengguna.

Efisiensi Customer Self-Service dapat dievaluasi melalui kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, sebelum mulai menyempurnakan sistem Customer Self-Service Anda, jangan lupa untuk mengukur kepuasan pelanggan.

Ingat juga bahwa penyempurnaan Customer Self-Service paling efektif jika dilakukan terus-menerus dan merupakan bagian dari pekerjaan sehari-hari.

3. Secara teratur mencari peluang pengoptimalan

Pada catatan yang lebih teknis, penting untuk melakukan audit swalayan pelanggan secara teratur untuk terus memantau masalah teknis. Ini tidak hanya membantu menemukan kesalahan teknis, tetapi juga membantu Anda mengukur keefektifan tautan, tombol, dan fungsi lain dari portal Customer Self-Service Anda.

Baca juga artikel terkait: 4 KELUHAN TERBESAR DALAM BISNIS DISTRIBUTOR

Penutup

Saat membuat strategi layanan pelanggan Anda, ingatlah untuk menyertakan opsi layanan mandiri karena dapat membantu Anda meningkatkan kinerja tim dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Pikirkan tentang kebutuhan asli klien Anda dan masalah paling signifikan yang mungkin muncul dan ciptakan sumber daya terbaik untuk mengaktifkan layanan yang cepat dan bermanfaat. semoga bermanfaat.

Dan jika Anda membutuhkan informasi lebih detil perihal manajemen dan pemasaran bisnis. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui WhatsApp 0812-5298-2900.