STRATEGI PEMASARAN PRODUK KECANTIKAN WARDAH


Dalam setiap bisnis, pemasaran atau marketing adalah salah satu nilai mutlak yang harus dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan. Hal yang sama juga berlaku pada bisnis kosmetik, terlebih karena persaingan yang sangat ketat dengan brand-brand ternama di luar sana. Yuk, simak strategi pemasaran produk kosmetik berikut ini

1. Promosi Melalui Pengecer Menengah

Salah satu taktik yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan produk Anda secara mudah dalam waktu singkat adalah dengan menjual produk Anda melalui pengecer.

Tidak usah terburu-buru menggunakan jasa pengecer besar dan Anda bisa mulai dengan pengecer ukuran sedang terlebih dahulu yang biasanya mau menerima produk dari bisnis kecil yang beru beroperasi.

2. Distributor dan Reseller

Menjual produk Anda sendirian tentunya akan terasa sangat sulit karena sumber daya dan dana yang terbatas. Oleh karenanya, Anda bisa meminta bantuan dari distributor atau reseller untuk membantu mempromosikan produk Anda.

Tanpa perlu menyewa orang maupun tempat untuk membuka cabang baru, distributor dan reseller akan membantu menjual produk Anda secara cuma-cuma hingga ke penjuru Indonesia.

Di Kosmetic Wardah sendiri, terdapat fitur Reseller Marketplace yang bisa membantu Anda menemukan ribuan calon reseller secara mudah.

3. Bangun Website E-Commerce

Strategi pemasaran produk kecantikan yang berikutnya wajib Anda terapkan adalah membangun website e-commerce Anda sendiri.

Website e-commerce memungkinkan toko Anda untuk ditemukan oleh calon pembeli melalui Google dan bertransaksi langsung dari website tersebut.

Sebuah website toko online bisa menampilkan foto produk, harga, deskripsi produk hingga berbagai tombol navigasi yang bisa menjelaskan mengenai brand Anda secara lebih lanjut.

Baca juga artikel terkait: CARA MENEMUKAN MARKETING MIX YANG TEPAT UNTUK BISNIS KECIL ANDA

STRATEGI PEMASARAN WARDAH

Wardah merupakan salah satu brand kosmetik lokal yang sudah jadi langganan kaum hawa di Indonesia. Kira-kira, strategi pemasaran produk kosmetik seperti apa yang digunakan oleh Wardah?

1. Perluasan Pasar

Pada awalnya, Wardah memang berfokus pada audiens wanita beragama Islam. Namun seiring perkembangan waktu, Wardah mulai mengembangkan produk-produk yang bisa dinikmati oleh semua orang secara universal.

2. Strategi Diservisikasi

Wardah pun biasanya akan memberikan produk baru khusus bagi pembeli yang baru menggunakan produk wardah. Tujuannya agar mereka mencoba variasi produk-produk wardah dan tertarik untuk membeli jenis produk lainnya ketika melakukan transaksi berikutnya.

3. Strategi Marketing Mix dalam Strategi Pemasaran Wardah Cosmetics

Marketing mix adalah tool marketing khusus yang dibuat oleh Neil Bordern dan terdiri dari 4P yaitu Product, Place, Price, dan Promotion.

  • PRODUCT (PRODUK). Produk wardah sendiri telah mencapai lebih dari 300 jenis yang terdiri dari skin care hingga produk dekoratif. Beberapa produk favorit wardah adalah Lightening Series, Black Optimum Liner, Eye Brow Pencil, Intense Matte Lipstick, dan Exclusive Matte Lip Cream
  • PRICE (HARGA). Selanjutnya adalah Price atau harga, produk wardah ditawarkan dengan harga mulai dari belasan hingga ratusan ribu, tergantung pada jenis kosmetik dan volumenya.
  • PLACE (TEMPAT). Sementara PLACE berakitan dengan channel distribusi dan penanganan produk wardah hingga kontrol inventaris. Uniknya, channel distribusi Wardah sendiri dimulai dari ibu-ibu pengajian. Teknik iini, Wardah lakukan karena memang sesuai dengan nilai-nilai produk wardah yaitu Suci dan Aman. Olah karena itu sepuluh tahun lalu, Anda akan bisa dengan mudah menemukan produk wardah di tempat media dakwah seperti majelis taklim maupun pengajian wanita muslim. Baru setelahnya, Wardah mulai menjangkau pasar-pasar lain. Hingga kini, Wardah pun telah berhasil meraih market share sebesar 30%.
  • PROMOTION (PROMOSI). Di luar dugaan, sarana promosi Wardah pun berawal dari sistem MLM atau distributor. Di tahun 2000an, media sosial belumlah dimanfaatkan seintens sekarang, sehingga pemasaran dari mulut ke mulutlah yang menjadi sarana pemasaran utamanya.

Baca juga artikel terkait: METRIK DIGITAL MARKETING YANG BIASA ORANG LUPAKAN – PADAHAL SANGAT PENTING

Semoga Artikel ini bermanfaat. Dan jika Anda membutuhkan informasi lebih detil perihal Strategi pemasaran produk cosmetic atau skin care atau Anda tengah membutuhkan konsultan profesional untuk membantu mengelola dan menaikan omzet produk anda? Kami siap membantu. SIlahkan  hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui WhatsApp 0812-5298-2900.