SOFTWARE AKUNTANSI ONLINE MERUPAKAN SOLUSI TERBAIK BAGI KERUMITAN SISTEM PEMBUKUAN DOUBLE-ENTRY BISNIS ANDA


Sistem pembukuan double-entry (entry ganda) biasanya lebih banyak digunakan dalam system akuntansi dan dunia kebanyakan bisnis yang setingkat menengah keatas untuk dapat membantu perusahaan dalam hal melacak transaksi keuangan serta inventory movement/pergerakan persediaan mereka.

Akuntansi dengan system double-entry menggunakan dua input data (entry ganda) untuk setiap transaksi apapun yang telah terjadi, sehingga apabila terjadi sebuah transaksi selalu satu akun akan tempatkan pada sisi kredit sementara akun lain yang menjadi lawannya akan ditempatkan pada sisi debit untuk jumlah nominal yang sama. Sistem double-entry sendiri memiliki banyak sekali keunggulan, akan tetapi juga sebenarnya masih memiliki beberapa masalah, diantaranya adalah :

1.    Tingkat Kompleksitas.

Salah satu permasalahan utama dengan menggunakan metode pembukuan double-entry adalah adanya kerumitan dalam hal prosesnya. Bagi para pemilik usaha yang sama sekali bahkan tidak memiliki latar belakang pendidikan dalam bidang akuntansi, maka sistem double-entry ini akan semakin tampak seperti belajar tentang hal baru yang membutuhkan ketelitian dan proses yang tidak sebentar. Terminologi seperti adanya pasangan”debit” dan “kredit” yang menggantikan kata-kata sederhana seperti “menambahkan” dan “mengurangi” akan semakin lama semakin menyebabkan kebingungan. Mengetahui kapan saatnya harus mendebet rekening dan pada akun apa yang sesuai untuk kredit bisa saja terdengar begitu sulit dan membingungkan. Dan bisa saja membuat proses pembukuan bagi para pemula semakin lama dan yang lebih parahnya lagi adalah menciutkan nyali dari para pemilik bisnis dengan pekerjaannya.

2.    Biaya Tidak Sedikit.

Biaya pembukuan saat menggunakan sistem double-entry secara langsung berhubungan dengan kompleksitas sistem. Karena catatan akan selalu disimpan pada lebih dari satu tempat, perusahaan akan memiliki banyak buku diseluruh tempat yang harus dilacak. Dalam beberapa kasus yang seringkali terjadi, bahkan menjadi sangat perlu untuk mempekerjakan beberapa karyawan tambahan untuk melacak buku dari masing-masing departemen. Apabila Anda menggunakan jasa akuntan, maka biaya pembukuan Anda akan semakin lebih tinggi dan semakin lebih kompleks. Secara keseluruhan, biaya dari sistem double-entry ini bisa dibilang sangat tinggi.

3.    Waktu Proses.

Jumlah waktu yang digunakan dalam melakukan verifikasi buku Anda adalah permasalahan lain yang berhubungan langsung dengan kompleksitas metode double-entry. Karena entri harus dilakukan dan harus diverifikasi dua kali, sistem double-entry akan menelan menit demi menit waktu paling berharga Anda yang sebenarya bisa dihabiskan untuk hal produktif lainnya. Inilah sebabnya mengapa Anda mungkin merasa memang lebih menguntungkan untuk menyewa jasa seorang akuntan profesional. Pada kenyataannya, meskipun fakta telah mengatakan bahwa sistem double-entry sebenarnya dapat menjadikan pembukuan yang lebih akurat, bisa juga dibilang jika masih kurang praktis.

4.    Ketepatan/Validitas.

Selanjutnya secara keseluruhan, sistem akuntansi double-entry sangat penting bagi para pemilik bisnis karena biasanya akan mampu memberikan mereka pencatatan yang lebih akurat apabila dibandingkan dengan menggunakan metode lain. Hal ini tentunya akan semakin menguntungkan dalam banyak kasus, akan tetapi jika Anda tidak memiliki latar belakang dalam hal pembukuan terutama double entry, dan Anda selalu mencoba untuk mengerjakan semua itu sendirian, maka Anda mungkin akan mengalami banyak kesulitan dan mungkin akan semakin kebingungan. Masalah utama dengan menggunakan sistem ini adalah bahwa jika Anda membuat satu kesalahan saja dan Anda tidak menyadarinya maka sepanjang jalan keakuratan dari sisa buku yang telah mengalami kesalahan dari pencatatan Anda tersebut akan semakin berkurang alias sisanya adalah (SALAH SEMUA).

Lalu Selanjutnya Apa yang Dapat Anda Lakukan?

Dengan berbagai kerumitan metode seperti yang telah dijelaskan diatas, maka dirasa sangat perlu bagi para pebisnis untuk mengadopsi sistem akuntansi online/software accounting online agar dapat menyelesaikan berbagai permasalahan diatas. Online accounting software sudah menjadi salah satu pilihan yang tepat melalui berbagai kemudahannya dalam proses otomatisasi.

Sehingga proses double-entry pun akan dapat semakin lebih dipermudah dalam mendukung kinerja operasional dari bisnis Anda. Selain itu, fleksibilitas onlinenya yang akan semakin memberikan Anda kebebasan untuk menjalankan bisnis dari tempat kerja, rumah, atau di mana saja selama Anda terkoneksi dengan internet. Anda akan memiliki gambaran yang jelas dan selalu up-to-date tentang bagaimana bisnis Anda berjalan, tidak peduli di mana saja Anda berada.

Dengan bantuan dari software akuntansi berbasis cloud, maka Anda sudah memiliki pilihan untuk mampu dalam menjalankan bisnis Anda dari jarak yang jauh, dari mana saja di dunia ini. Dan data Anda semakin mudah untuk diakses, segala kemungkinan bisa saja terjadi. Software akuntansi online semakin memudahkan dalam hal penyusunan laporan keuangan Anda menjadi lebih cepat, menghemat banyak waktu, pembiayaan menjadi semakin efisien, akses kapanpun dan di mana saja. Jadi! Tunggu apalagi? Kembangkanlah bisnis Anda mulai dari sekarang dengan cara memulai pembukuan yang benar dengan bantuan dari software akuntansi online.

Apabila pembaca membutuhkan bantuan dan pendampingan tentang perkembangan bisnis dan konsultasi bisnis atau seputar software akuntansi, silahkan hubungi 0818521172, Office (only call no sms) : 081-59417699 atau email ke groedu@gmail.com bisa juga groedu_inti@hotmail.com