HAL-HAL YANG HARUS ANDA LAKUKAN SEBELUM MEMUTUSKAN UNTUK MEMILIH SOFTWARE PENGGAJIAN KARYAWAN


Saat ini penggunaan perangkat lunak yang berupa program atau software penggajian karyawan sudah menjadi seperti sebuah solusi dalam menghemat banyak waktu saat akan melakukan penghitungan gaji bagi para karyawannya. Dalam artikel sebelumnya telah dibahas tentang tips-tips dalam memilih software payroll terbaik dan cocok bagi perusahaan Anda. Namun sekarang, Anda harus memahami tentang hal-hal apa saja yang harus Anda lakukan sebelum akan memilih software penggajian yang cocok agar bisa diterapkan pada system penggajian perusahaan Anda.

Terdapat beberapa hal utama yang harus Anda lakukan sebelum akan memutuskan untuk memilih software penggajian karyawan bagi perusahaan Anda. Dan hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mengumpulkan berbagai informasi tentang karyawan.

Sebelum akhirnya Anda akan menjatuhkan pilihan untuk membeli software penggajian, setidaknya Anda harus mengumpulkan berbagai informasi tentang karyawan yang berhubungan langsung dengan proses penggajian karyawan. Sesuai dengan peraturan yang telah ada di Indonesia, maka Anda harus mengumpulkan berbagai informasi tentang data-data karyawan seperti halnya tentang: NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), data keluarga karyawan yang menjadi tanggungannya, data BPJS ketenaga kerjaan karyawan dan kesehatan karyawan, serta data kapan karyawan tersebut tlah mulai bekerja pada perusahaan Anda.

2. Tentukan periode penggajian karyawan.

Anda juga harus menentukan tentang perputaran periode penggajian karyawan, pastikan lagi bahwa apakah setiap karyawan sudah digaji setiap bulan atau hanya dua kali dalam sebulan, atau hanya bersifat mingguan. Pada saat Anda telah menentukan software penggajian karyawan yang nanti akan digunakan, maka Anda harus menentukan periode penerimaan gaji ini terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan sistem seperti apa yang akan berlaku secara umum.

3. Tentukan komponen-komponen penggajiannya.

Setiap perusahaan tentunya harus memiliki komponen-komponen penggajian yang berbeda-beda. Baik itu adalah dari sisi tunjangan maupun berbagai potongan-potongan. Anda harus menentukan tentang komponen-komponen gaji ini dan Anda juga harus menyesuaikannya dengan berbagai kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Biasanya komponen penggajian yang terdapat di perusahaan-perusahaan adalah gaji pokok, tunjangan, potongan pajak, potongan BPJS, dan juga potongan pinjaman apabila ada pinjaman.

4. Mempelajari dan memahami kebijakan tentang gaji dari pemerintah.

Di Indonesia sendiri terdapat berbagai kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan penggajian karyawan seperti contohnya adalah kebijakan tentang BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang terdiri dari ketenagakerjaan dan kesehatan, juga termasuk pemotongan pajak. Sebagai seorang pemilik bisnis Anda juga harus paham tentang hal ini terlebih dahulu.

5. Memastikan bahwa software penggajian karyawan sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Sebelum akhirnya Anda akan menjatuhkan pilihan software penggajian karyawan ini Anda juga harus memastikan bahwa software penggajian karyawan yang ingin Anda gunakan sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Misalnya, Anda membutuhkan fitur-fitur yang serba terintegrasi dengan jam kerja dan juga sudah mampu untuk menghitung system kerja lembur karyawan, atau hal-hal lainnya yang masih berhubungan dengan penggajian. Pada saat Anda sudah tahu tentang berbagai kebutuhan tersebut, maka Anda juga dapat memilih software penggajian karyawan yang sesuai bagi Anda.

Nah, sebelum akhirnya Anda memilih software penggajian karyawan yang sesuai dengan system penggajian bisnis Anda, maka harus melakukan hal-hal diatas terlebih dahulu. Software penggajian merupakan solusi bagi Anda dalam system gaji karyawan yang serba terkomputerisasi dengan baik. Sekedar masukan bahwa sistem penggajian yang baik harus sudah mampu untuk terintegrasi dengan absensi dan juga system lembur karyawan, dan juga harus sesuai dengan kebijakan pemerintah yang berlaku saat ini tentang penggajian.

Apabila pembaca membutuhkan bantuan dan pendampingan tentang perkembangan bisnis dan konsultasi bisnis atau seputar software akuntansi, silahkan hubungi 0818521172, Office (only call no sms)  : 081-59417699 atau email ke groedu@gmail.com bisa juga groedu_inti@hotmail.com