CARA TERATAS UNTUK MENGOPTIMALKAN ARUS KAS DAN PENGALAMAN PELANGGAN BISNIS ANDA



Bukan rahasia lagi bahwa uang tunai adalah raja. Arus kas positif sangat penting untuk bisnis Anda. Anda dapat memiliki pendapatan yang kuat, pengeluaran yang dapat dikelola, dan pendapatan yang mengesankan. Namun, jika operasi keuangan tidak terstruktur secara efisien dan arus kas tidak tetap sehat, masalah akan muncul dengan cepat.

Analisis dan audit internal atas operasi bisnis adalah tugas yang berat sehingga mereka akhirnya berfokus pada apa yang selalu mereka fokuskan yaitu mengumpulkan uang tunai secepat mungkin.

Tetapi sekarang, AR tidak hanya tentang operasi keuangan dan pengumpulan uang tunai. Ini ada di permukaan batu bara dalam manajemen hubungan pelanggan. Mengelola hubungan berbasis kredit bahkan lebih penting selama krisis ekonomi dan organisasi harus mampu melihat melampaui arus kas langsung mereka. Tidak dapat disangkal bahwa berinvestasi dalam solusi AR akan memengaruhi arus kas untuk sementara, tetapi pengeluaran awal ini dapat membayar sendiri berkali-kali lipat jika Anda memilih alat yang secara fundamental meningkatkan koleksi dan hubungan pelanggan Anda. Jadi, mari tambahkan sedikit kebijaksanaan ekstra pada mantra sebelum kita memulai.

Apa saja tantangan utama yang memengaruhi kinerja AR?

  • Data yang berbeda: Proses AR melibatkan banyak tim yang mencakup penjualan, operasi, dukungan pelanggan, dan bahkan fungsi hukum. Tim ini menggunakan sistem yang berbeda dan tidak memiliki cara sederhana untuk memusatkan data mereka dan berkolaborasi secara efektif. Hal ini menyebabkan kurangnya visibilitas ke aktivitas satu sama lain yang seringkali membuat tidak jelas kapan dan apa titik kontak pelanggan terakhir. Hal ini menyebabkan miskomunikasi dan frustrasi antar departemen yang menyebabkan efek langsung pada pengalaman pelanggan. Ketika pelanggan menerima informasi yang tidak konsisten, hal ini dapat merusak kepercayaan mereka dan mengakibatkan pelanggan churn yang berdampak pada arus kas.
  • Faktur yang tidak efisien: Faktur bisa menjadi proses yang tidak bisa dikelola saat basis pelanggan Anda berkembang. Salah satu pelanggan kami biasanya menghabiskan 20% dari minggu mereka menghubungi pelanggan untuk pembayaran dan mereka tidak memiliki alat untuk melacak komunikasi mereka. Proses ini menjadi lebih memakan waktu ketika faktur hilang dan tim AR Anda terpaksa mencari versi terbaru. Selain itu, waktu dihabiskan untuk memenuhi permintaan pelanggan, seperti menanggapi saldo faktur tertentu atau memberikan duplikat faktur. Semua waktu yang terbuang ini diterjemahkan menjadi proses pengumpulan yang kurang efisien, yang membuat pelanggan Anda frustrasi dan meningkatkan kemungkinan tantangan arus kas.
  • Sengketa pembayaran: Mengelola perselisihan membutuhkan sekitar 30% dari keseluruhan proses kredit-ke-tunai. Memprioritaskan sengketa merupakan tantangan yang terus-menerus, karena semuanya memerlukan penyelesaian, tetapi beberapa pelanggan berisiko gagal membayar jika tidak segera ditangani. Tantangan kedua adalah mengklasifikasikan sengketa untuk menentukan risiko aktual terhadap pendapatan yang terlibat, serta jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mencapai penyelesaian. Kedua tantangan ini memengaruhi tim AR setiap hari, sehingga sulit untuk menentukan di mana waktu dan sumber daya paling dibutuhkan. Membuat keputusan yang salah dapat mengakibatkan tagihan yang menunggak, pelanggan yang tidak puas, dan pembayaran yang hilang.

Bagaimana Platform AR cerdas membantu Anda mengatasi tantangan diatas?

  • Dengan memusatkan data untuk tim dan pelanggan Anda: Platform AR cerdas menarik data dari ERP dan CRM Anda, meletakkannya pada platform terpusat, dan mengkomunikasikannya kepada tim dan pelanggan Anda dengan cara yang intuitif dan terkonsolidasi. Dengan menempatkan semua orang pada pemikiran yang sama, setiap orang lebih memahami peran mereka dan tugas masing-masing dan dapat bekerja secara efektif dengan satu sama lain. Ini meningkatkan koleksi, meningkatkan arus kas, dan memberi pelanggan Anda pengalaman konsisten yang memperdalam kepercayaan mereka pada organisasi Anda.
  • Dengan menyederhanakan faktur untuk Anda dan pelanggan Anda: Bayangkan jika Anda dapat menyediakan portal layanan mandiri berbasis cloud untuk pelanggan Anda. Salah satu yang memungkinkan mereka untuk mengakses semua faktur lewat dan jatuh tempo, melihat riwayat pembayaran mereka, dan mengirimkan permintaan. Bayangkan jika itu juga memungkinkan mereka untuk melunasi hutang mereka dengan opsi pembayaran yang fleksibel melalui kawat, ACH, atau kartu kredit. Kemampuan ini akan meningkatkan kecepatan pembayaran faktur Anda, serta tingkat kepuasan pelanggan Anda. Tim Anda akan dapat memperoleh kembali jam waktu mereka dan fokus pada tugas-tugas prioritas, daripada mencari faktur, mengirim permintaan pembayaran, dan menjawab pertanyaan pelanggan sederhana.
  • Dengan menyediakan proses yang kuat untuk menangani sengketa: Platform AR yang cerdasmenyediakan aliran otomatis untuk mendaftarkan sengketa dan keluhan, memungkinkan pelanggan untuk mengungkapkan kekhawatiran mereka secara instan dan kemudian berbagi umpan balik langsung tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Selain itu, komunikasi prediktif memberi tim AR Anda kemampuan untuk mengidentifikasi komunikasi yang harus diprioritaskan berdasarkan tingkat keparahan sengketa dan lamanya waktu penyelesaian. Hal ini memastikan penanganan situasi yang cepat dan efisien sebelum terjadi eskalasi. Pentingnya memiliki alat yang memungkinkan hal ini sangat besar. Dengan keinginan terbaik di dunia, organisasi Anda akan ditantang oleh pelanggan yang tidak puas. Bagaimana Anda menanggapi mereka tidak hanya akan menentukan apakah mereka melunasi satu tagihan itu. Ini akan berdampak pada apakah mereka memilih untuk tetap menjadi pelanggan. Dan semua hasil ini akan membantu atau menghalangi arus kas.

Adanya platform AR pintar yang membantu Anda secara proaktif mengoptimalkan strategi pembayaran Anda, membuatnya bekerja paling baik untuk Anda dan pelanggan Anda. Jika Anda membutuhkan informasi perihal platform ini, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.