PENTINGNYA KETERLIBATAN KARYAWAN UNTUK HASIL BISNIS YANG LEBIH BAIK



Ketika Anda memikirkan “hasil bisnis” yang penting, metrik mana yang langsung muncul di benak Anda? Pendapatan? Biaya? Konversi? Bagaimana dengan keterlibatan karyawan?

Yang terakhir sering diabaikan ketika tim menetapkan tujuan dan memilih KPI. Sangat disayangkan, karena keterlibatan karyawan pada akhirnya yang mendorong hampir semua hasil bisnis lainnya. Jika Anda ingin mulai mendapatkan hasil yang lebih cepat dan lebih baik, inilah saatnya untuk mulai berfokus pada keterlibatan karyawan sebagai hasil bisnis utama.

Mengapa keterlibatan karyawan adalah metrik terpenting Anda

Tahukah Anda bahwa perusahaan dengan karyawan yang terlibat 22% lebih menguntungkan daripada yang tidak? Atau bahwa bisnis-bisnis ini dikenal mampu mempertahankan margin operasi 3x lebih tinggi dari para pesaingnya?

Bicara tentang hasil bisnis yang diinginkan. Namun peningkatan pendapatan bukanlah satu-satunya alasan untuk memperlakukan keterlibatan karyawan sebagai metrik utama. Ketika Anda secara teratur mengukur dan menganalisis keterlibatan karyawan, Anda sebenarnya bekerja menuju tujuan yang jauh lebih besar. Dengan mengidentifikasi masalah sebelum mereka memiliki kesempatan untuk menjadi masalah besar, Anda mengatur panggung untuk budaya otentik yang dibangun di sekitar kolaborasi dan kepercayaan.

Ini, pada gilirannya, membuat orang nyaman mengambil inisiatif yang membantu memajukan bisnis. Alih-alih menghindar dari ide-ide besar dan tujuan besar, karyawan yang didukung akan merangkulnya. Daripada frustrasi dengan tugas-tugas yang menantang, anggota tim yang terlibat akan menemukan kepuasan dalam mengatasinya.

Semua karena satu alasan sederhana: Mereka tahu bahwa ketika keadaan menjadi tidak nyaman atau sangat menantang, mereka dapat memberikan umpan balik, dan yakinlah bahwa kepemimpinan akan menindaklanjutinya.

Saat mengukur keterlibatan karyawan mengarah pada hasil

Pada titik ini, saya harus mengakui bahwa, di permukaan, proses pengukuran keterlibatan karyawan mungkin terdengar terlalu sederhana. Tetapi saya berjanji kepada Anda bahwa memprioritaskan metrik ini dapat menghasilkan beberapa hasil yang luar biasa.

Dengan mengukur keterlibatan secara berkala, Anda melihat bagaimana tingkat motivasi dan komitmen karyawan saat ini memengaruhi penggerak bisnis lainnya seperti retensi dan layanan pelanggan. Kami telah melihat ini bermain berkali-kali di perusahaan di berbagai industri. Sebagai contoh:

  • Jika Anda mengumpulkan umpan balik karyawan secara berkala, Anda mungkin menemukan bahwa investasi kecil dan sederhana adalah semua yang Anda butuhkan untuk memberdayakan kreativitas karyawan.
  • Dengan mengukur keterlibatan karyawan selama waktu senggang, Anda dapat menemukan cara untuk membuat merger atau akuisisi yang sulit berjalan lebih lancar.
  • Ketika Anda menjadikan keterlibatan karyawan sebagai prioritas utama, peningkatan retensi adalah hasil yang sangat mungkin terjadi.

Bahkan pelanggan Anda ingin Anda menganggap serius keterlibatan karyawan, karena itu berarti layanan dan pengalaman yang lebih baik: Saat Anda menjaga orang-orang Anda, mereka akan menjaga pelanggan Anda.

Mereka juga akan lebih cenderung bertahan. Kami telah melihat perusahaan menurunkan omset sebanyak 20% dalam setahun sebagai akibat langsung dari pengukuran keterlibatan karyawan.

Bagaimana mengukur keterlibatan karyawan untuk hasil bisnis yang lebih baik

Saat Anda memulai, hal penting untuk diingat adalah bahwa keterlibatan karyawan harus diukur dengan irama yang sama dengan KPI bisnis lainnya. Selain itu, Anda harus menghubungkan metrik keterlibatan Anda dengan sasaran lain. Jika tidak, Anda mungkin akan mendapatkan banyak data — tetapi hanya sedikit wawasan yang dapat Anda tindak lanjuti.

Untungnya, ada cara mudah untuk mencapai ini.

Kami menyarankan untuk memulai dengan survei rahasia triwulanan untuk mengukur dan menganalisis keterlibatan karyawan di seluruh organisasi.

Saat meninjau hasil, pastikan untuk mengelompokkan data berdasarkan berbagai faktor seperti departemen atau lokasi. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi masalah yang mendesak, sehingga Anda dapat segera mencari solusi.

Mintalah umpan balik dari karyawan, ekstrak area masalah, dan putuskan segera bagaimana Anda akan menyelesaikannya. Proses langsung ini dapat memiliki dampak yang luar biasa pada hasil bisnis Anda yang paling penting.

Mencari detail lebih lanjut tentang apa yang diperlukan untuk mengukur keterlibatan karyawan sebagai hasil bisnis utama adalah hal yang penting. Jika kini Anda bermasalah dengan aspek ini, Anda bisa menghubungi kami untuk melakukan konsultasi gratis. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.