7 KIAT MANAJEMEN ARMADA UNTUK OPERASI BISNIS YANG LEBIH EFISIEN



Agar bisnis Anda beroperasi secara efektif, Anda perlu tahu di mana harus memusatkan perhatian Anda. Ketika dipantau dengan benar, dapat ditentukan bahwa beberapa metrik mungkin membuang-buang sumber daya.

Dan dalam artikel kali ini, akan kami sampaikan beberapa praktik terbaik manajemen armada yang akan membantu Andamerampingkan operasi Andauntuk efisiensi dan keuntungan.

1. Pentingnya fokus

Manajemen armada bukanlah tugas yang mudah. Dengan begitu banyak area tanggung jawab, sangat sulit untuk fokus pada aspek yang paling penting. Pendekatan yang lebih efisien adalah mengikuti praktik terbaik. Pendekatan cerdas hanya berfokus pada metrik utama. Manajemen kendaraan membutuhkan perhatian dan kontrol manusia yang luar biasa, bersama dengan pemrosesan sejumlah besar data dari perangkat lunak.

Industri kendaraan armada tumbuh setiap tahun, sementara persaingan meningkat setiap tahun. Oleh karena itu, inilah mengapa penting untuk berusaha menerapkan kiat-kiat manajemen armada perusahaan teknologi tinggi.

2. Kelola biaya

Tip pertama yang harus diikuti untuk praktik terbaik manajemen armada yang efektif adalah pengendalian biaya. Dua biaya utama armada mobil adalah tenaga kerja dan konsumsi bahan bakar. Agar armada Anda berjalan secara efisien, Anda perlu mengendalikan kedua biaya ini.

  • Tenaga Kerja. Biaya tenaga kerja dapat bervariasi. Namun, manajer armada mobil perlu memantau jam kerja karyawan. Mereka perlu tahu persis berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan operasi. Cari tahu apakah ada daur ulang dan tekan mereka. Dengan perhatian yang cermat terhadap pemantauan, inefisiensi dapat diidentifikasi dan dihilangkan.
  • Bahan bakar habis pakai. Biaya bahan bakar tidak selalu secara langsung tergantung pada Anda dan harga bahan bakar dapat naik. Namun, dengan kontrol konsumsi bahan bakar yang tepat, biaya dapat disesuaikan. Anda dapat melacak jumlah bahan bakar yang dikonsumsi menggunakan perangkat lunak khusus. Ini akan membantu manajer mengetahui berapa banyak bahan bakar yang digunakan pengemudi tertentu dalam satu perjalanan. Analisis ini akan menunjukkan apakah bahan bakar digunakan dengan benar atau tidak. Terkadang pengemudi menggunakan terlalu banyak bahan bakar dan tidak menggunakannya secara ekonomis. Kemudian manajer dapat memberikan pelatihan tentang efisiensi bahan bakar. Misalnya, pengemudi dapat menghindari akselerasi cepat dan pengereman yang keras.

3. Kontrol pembelian dan pembuangan

Selain itu, pastikan untuk menentukan parameter kepatuhan kendaraan dengan persyaratan khusus. Lacak kondisinya dan kapan harus diganti. Anda perlu memahami waktu dan jarak tempuh yang tepat agar dapat menjual mobil tepat waktu dan tidak merugi. Saat membeli mobil, lebih baik memilih opsi grosir. Disarankan juga untuk membuat rencana pembelian. Tanpa pengawasan yang tepat, karyawan dapat menyimpan mobil lebih lama dari waktu yang ditentukan.

4. Pencegahan pemeliharaan

Salah satu pendekatan terkemuka adalah pemeliharaan preventif berkala armada kendaraan. Pada akhirnya, ini akan membantu menghindari perbaikan besar. Program kontrol perawatan memastikan bahwa kendaraan memiliki kualitas yang sama. Ini juga memastikan bahwa perbaikan dilakukan tepat waktu dan perusahaan tidak membayar lebih. Jika aset dikelola dengan baik, Anda dapat memastikan armada Anda tetap aman.

Pemantauan pemeliharaan dan layanan ini sangat penting untuk keselamatan jalan. Dengan bantuan program tersebut, manajer armada mobil melacak garansi suku cadang. Selain itu, mobil sewaan juga dapat dipantau. Oleh karena itu, dengan penggunaan perangkat lunak yang tepat dengan benar, armada akan menjadi menguntungkan, yang merupakan salah satu kekuatan pendorong di balik praktik terbaik manajemen armada.

5. Pengembangan profesional karyawan

Sebelum mulai bekerja di armada, karyawan harus menjalani pelatihan profesional. Selanjutnya, setiap orang harus belajar bagaimana melakukan pekerjaan mereka dan operasi yang menjadi tanggung jawab mereka. Sebelum mulai bekerja, manajer harus memastikan bahwa semua karyawan memahami standar kerja. Tentu saja, semua posisi yang membutuhkan kualifikasi dan sertifikasi harus diverifikasi.

Agar perusahaan dapat berkembang, penting bagi karyawan untuk meningkatkan kualifikasi mereka. Mereka harus didorong untuk belajar dan memenuhi syarat lebih lanjut di bidang yang relevan. Ini akan membantu produksi berteknologi tinggi. Secara keseluruhan, ini penting karena sumber daya manusia sama pentingnya dengan memantau metrik kinerja utama.

6. Dokumentasi digital

Jika Anda masih menggunakan folder kertas untuk dokumentasi, maka segera cobalah digitalisasi. Penyimpanan On line berbasis cloud adalah teknologi yang telah menjadi bagian integral dari industri sebagai praktik terbaik manajemen armada. Repositori pusat menyediakan penyimpanan untuk manual, pesanan, faktur, dan banyak lagi. Penyimpanan dapat diakses dari perangkat apa pun, bahkan saat di luar kantor. Sangat disarankan untuk menyimpan catatan Anda secara digital. Ini akan menyelamatkan Anda dari kehilangan informasi atau distorsi file kertas.

7. Manajemen armada sederhana

Sulit bagi orang untuk mengendalikan segalanya sendiri. Ini adalah salah satu alasan utama perusahaan menggunakan praktik terbaik manajemen armada. Karyawan bisa malas, lalai, atau hanya lelah. Namun, sekarang ada cloud yang merupakan solusi ideal dengan aksesibilitas seluler. Mereka memberikan kesederhanaan dan kemudahan manajemen kendaraan. Dengan pemberitahuan dan pengingat, Anda tidak akan melewatkan pemeliharaan atau pemeriksaan. Dengan menggunakan perangkat lunak tersebut, Anda membuatnya tersedia untuk seluruh tim Anda. Mereka akan dapat bekerja lebih efisien dan profesional dengan bantuan dasbor yang user-friendly. Perusahaan teknologi menerapkan proses otomatisasi. Perangkat lunak ini menggantikan beberapa proses manual dan memberi orang tersebut lebih banyak kendali atas situasi.

Agar armada Anda bekerja secara efektif, Anda perlu memanfaatkan teknologi modern. Dengan menggunakan peralatan dan peralatan modern, karyawan dapat melaksanakan tugasnya secara efisien. Perangkat lunak ini akan membantu Anda melacak indikator seperti pemeliharaan, inventaris, atau perintah kerja. Memang, dengan menggunakan GPS, dimungkinkan untuk memantau dan memperbaiki pekerjaan pengemudi. Pilih rute terbaik berdasarkan analisis situasi lalu lintas. Semua metrik ini adalah bagian dari praktik terbaik manajemen armada dan akan mengarah pada penyebaran sumber daya yang optimal dan peningkatan keuntungan. Semakin teknologi perusahaan Anda, semakin cepat berkembang. Secara meyakinkan, ini berarti bahwa Anda selangkah lebih maju dari pesaing Anda.