CARA MENEMUKAN MARKETING MIX YANG TEPAT UNTUK BISNIS KECIL ANDA


Di dunia bisnis, produk hebat yang didukung oleh layanan pelanggan yang luar biasa sudah cukup untuk memastikan kesuksesan. Tetapi kenyataannya, hampir setiap bisnis membutuhkan pemasaran untuk membantu mereka menjangkau dan terhubung dengan audiens target mereka.

Dalam artikel ini, kami akan membahas pentingnya Marketing Mix – kombinasi jenis media dan saluran yang dapat Anda manfaatkan untuk terhubung dengan konsumen. Ini bukan hanya tentang mendorong penjualan baru – Marketing Mix yang tepat juga dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih kuat dan lebih menguntungkan dengan basis pelanggan Anda yang sudah ada.

TENTUKAN AUDIENS TARGET ANDA SEBELUM ANDA MERANCANG MARKETING MIX ANDA

Setiap diskusi tentang Marketing Mix harus dimulai dengan menentukan audiens target atau pasar target Anda – kelompok pelanggan dan prospek tertentu yang kemungkinan besar akan membeli dari Anda. Mengetahui apa yang membuat mereka tergerak akan membantu Anda menciptakan tujuan yang realistis dan terukur.

Mulailah dengan bertanya, siapa pelanggan ideal saya? Apa jenis kelamin dan ukuran rumah tangga mereka? Di mana mereka tinggal? Berapa tingkat pendapatan mereka? Mengapa mereka membeli dari saya? Peran apa yang dimainkan produk atau layanan saya dalam kehidupan mereka? Semakin banyak Anda tahu tentang mereka, semakin baik.

Sekarang Anda dapat mulai menggunakan wawasan tersebut untuk menjangkau prospek yang memiliki karakteristik serupa dengan pelanggan Anda yang sudah ada. Semakin tepat Anda dalam mendefinisikan audiens target Anda, semakin efektif pemasaran Anda.

Pemasaran Konten: Membangun Kepercayaan Satu Pelanggan Pada Satu Waktu

Pemasaran konten adalah tentang membuat materi yang relevan untuk audiens target Anda di berbagai saluran dan outlet online, seperti blog, artikel, video, email, dan media sosial. Ini adalah strategi jangka panjang dengan tujuan membangun kepercayaan dengan audiens dari waktu ke waktu.

Keajaiban pemasaran konten adalah kemampuannya untuk terlibat dengan informasi berharga, elemen penceritaan, dan wawasan yang mudah diingat. Ini adalah kesempatan untuk membedakan bisnis Anda yang terhubung dengan pelanggan ideal Anda dengan cara yang lebih pribadi dan bermakna. Dengan membagikan cerita Anda melalui konten Anda, Anda perlahan (tapi pasti) membangun kesadaran, kepercayaan, dan loyalitas.

Singkatnya, pemasaran konten akan membantu pelanggan dan prospek Anda merasa lebih baik tentang bisnis Anda. Mereka akan tahu bahwa Anda lebih dari sekadar menghasilkan penjualan – Anda berkomitmen untuk membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari mereka. Itu adalah tujuan yang dicita-citakan oleh setiap merek hebat.

Media Sosial: Menampilkan Nilai Merek Anda

Saat ini, sebagian besar orang menggunakan media sosial – apakah itu Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, Pinterest, LinkedIn atau salah satu dari lusinan platform lainnya.

Rahasia sukses di salah satu platform ini adalah fokus pada kata “sosial”. Anda bersosialisasi dengan memulai atau bergabung dalam percakapan di komunitas online yang berbeda, dan, sebagai hasilnya, menyebarkan pesan Anda. Anda menimbang dengan keahlian Anda, memberikan solusi, menawarkan bantuan, dengan maksud untuk lebih terlibat dengan audiens Anda.

Memulai di media sosial tidak harus mengeluarkan biaya sepeser pun. Namun, itu membutuhkan investasi waktu dari Anda (atau karyawan) untuk memantau umpan sosial dan menghasilkan konten secara teratur. Anda ingin memastikan bahwa Anda secara aktif terlibat dengan audiens Anda – mencapai keseimbangan antara membanjiri mereka dan memberi tahu mereka.

Baca juga artikel terkait: TIPS DALAM MENJALANKAN STRATEGI MULTI-CHANNEL

Promosi: Memulai Penjualan Dan Keterlibatan Pelanggan

Meskipun anggaran Anda mungkin terbatas, variasi promosi yang dapat Anda coba sebenarnya tidak terbatas.

Jika Anda mencoba promosi untuk pertama kalinya, pertimbangkan untuk menguji pendekatan yang berbeda di area tertentu daripada melemparkan jaring besar dari awal. Anda dapat menerapkan hasil dan pembelajaran untuk membuat promosi baru – dan lebih baik – di masa mendatang.

Saat Anda merencanakan promosi Anda, pertahankan merek Anda di depan dan di tengah. Apakah penawaran, konten, dan materi iklan konsisten dengan nilai-nilai Anda? Apakah promosi sesuai dengan situs web, pemasaran konten, dan saluran sosial Anda?

Baca juga artikel terkait: RAHASIA SEDERHANA MENDAPATKAN BANJIR REFERENSI

SEM dan SEO

Search engine marketing (SEM), juga dikenal sebagai iklan bayar per klik, adalah iklan berbayar berdasarkan kata kunci yang digunakan orang untuk mencari jenis bisnis Anda. Anda hanya membayar ketika pengunjung mengklik iklan Anda dan dibawa ke situs web Anda.

Langkah selanjutnya adalah search engine optimization (SEO) untuk website Anda. Bagian penting dari proses ini adalah memilih kata kunci yang tepat untuk situs web dan posting blog Anda. Kata-kata ini sangat penting karena memungkinkan algoritme mesin telusur menemukan bisnis Anda. Misalnya, jika bisnis Anda adalah penjual pakaian anak-anak, pilih kata kunci atau frasa yang dicari ibu dan ayah secara online saat berbelanja untuk anak-anak mereka. Beberapa contoh termasuk “kembali ke sekolah”, “pakaian anak-anak”, “pakaian luar anak-anak”, dan “kaos katun anak-anak”. Tidak perlu menebak – ada alat yang dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan untuk bisnis Anda. Memilih kata kunci secara strategis dapat membantu bisnis Anda naik ke puncak hasil pencarian.

Akhir Kata

Sebagian besar pemilik usaha kecil berfokus pada penjualan produk dan layanan mereka, sehingga sisi pemasaran dari operasi mereka cenderung terbelakang. Marketing Mix yang tepat dapat membantu bisnis mencapai tujuannya dengan menemukan pelanggan yang tepat, meningkatkan kesadaran merek dan penjualan, serta membangun loyalitas pelanggan.

Tidak ada solusi satu ukuran untuk semua dalam hal apa yang termasuk dalam campuran. Triknya adalah mengolah satu yang memenuhi kebutuhan bisnis spesifik Anda.

Semoga bermanfaat.

Jika Anda membutuhkan professional untuk membantu memasarkan bisnis Anda secara online dan offline, kami siap membantu. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor WhatsApp 0812-5298-2900.