5 TIPS MEMBUAT RENCANA OPERASIONAL BISNIS YANG TERBUKTI BERHASIL


Sebagian besar perusahaan menghabiskan waktu dan sumber daya yang berharga untuk membuat rencana strategis, memberikan yang terbaik untuk menguraikan strategi yang menetapkan visi jangka panjang yang solid. Sementara memiliki rencana strategis diperlukan, sejumlah besar organisasi sering kekurangan elemen strategi kritis: rencana operasi.

Rencana bisnis operasional menguraikan rincian operasi harian Anda selama lebih dari satu tahun. Ini mendefinisikan siapa yang melakukan apa, kapan mereka melakukannya, dan bagaimana mereka melakukannya. Ketika dilakukan dengan baik, rencana operasi menentukan bagaimana Anda mengalokasikan sumber daya manusia, fisik, dan keuangan untuk mencapai tujuan jangka pendek yang mendukung tujuan bisnis Anda yang lebih besar.

Baca juga artikel terkait: 8 PROSES PENTING UNTUK MENCIPTAKAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA YANG SUKSES

Apa Itu Rencana Operasional Dan Mengapa Itu Penting?

Rencana operasi adalah rencana yang sangat berorientasi pada detail yang dengan jelas mendefinisikan bagaimana tim atau departemen berkontribusi untuk mencapai tujuan perusahaan. Ini menguraikan tugas sehari-hari yang diperlukan untuk menjalankan bisnis. Ketika dibuat dengan benar, rencana operasi memastikan setiap manajer dan setiap karyawan mengetahui kewajiban spesifik mereka, serta bagaimana mereka harus melaksanakannya dalam garis waktu yang ditentukan. Memetakan tugas sehari-hari yang memastikan jalur yang jelas menuju tujuan bisnis dan operasional Anda sangat penting untuk kesuksesan.

Setiap hari, rencana operasi Anda harus menjawab pertanyaan-pertanyaan penting ini:

  • Apa saja strategi dan tugas yang perlu diselesaikan atau dicapai?
  • Siapa individu yang bertanggung jawab atas tugas dan strategi tersebut?
  • Kapan setiap strategi harus diselesaikan?
  • Berapa biayanya?

Rencana strategis Anda adalah manual yang memastikan perusahaan Anda dan semua karyawannya menjalankan operasi sehari-hari dengan cara yang memastikan pencapaian tujuan bisnis jangka panjang Anda.

Perencanaan Operasional VS Perencanaan Strategis

Rencana strategis membantu bisnis Anda menguraikan tujuan jangka panjang dan memenuhi visi besar. Rencana operasi menentukan proses apa yang perlu diselesaikan untuk mencapai tujuan tersebut. Rencana operasi mendukung upaya rencana strategis dan memastikan setiap orang menjalankan tugas sehari-hari mereka seefisien mungkin. Keduanya adalah rencana tindakan, dan karena keberhasilan rencana strategis sangat bergantung pada efisiensi rencana operasi, Anda harus membuatnya tepat setelah menguraikan strategi jangka panjang Anda.

Perusahaan yang sukses tidak pernah memilih antara rencana operasional dan rencana strategis. Sebaliknya, pemimpin pasar memastikan mereka memiliki keduanya. Sederhananya, rencana strategis menguraikan tujuan jangka panjang Anda untuk masa depan, sementara rencana operasi menentukan cara mencapainya melalui aktivitas dan proses sehari-hari.

Tujuan dari rencana operasi adalah untuk menentukan bagaimana semua departemen bergabung dalam upaya untuk mencapai visi Anda.

Baca juga artikel terkait: 7 KIAT MANAJEMEN ARMADA UNTUK OPERASI BISNIS YANG LEBIH EFISIEN

Langkah-Langkah Rencana Bisnis Operasional yang Sukses

Anda tidak dapat membuat rencana operasional yang sukses tanpa mendefinisikan tujuan operasional Anda dengan jelas. Template di bawah ini memandu Anda melalui beberapa langkah penting yang harus diambil jika Anda ingin mengembangkan rencana operasi fungsional:

  1. Buat rencana strategis Anda terlebih dahulu. Rencana operasi adalah alat yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah Anda tetapkan dalam sebuah strategi, jadi pertama-tama, Anda harus memastikan bahwa rencana strategis Anda sudah ada.
  2. Fokus pada tujuan penting. Semua contoh rencana operasi yang sukses berpegang pada satu aturan—fokus pada tujuan yang paling penting. Rencana yang kompleks dengan banyak tujuan yang tidak jelas sulit untuk diikuti.
  3. Alih-alih tertinggal, gunakan indikator utama. Indikator lagging akan menunjukkan upaya Anda gagal hanya setelah Anda menjalankan operasi. Sebaliknya, indikator utama mencakup langkah-langkah prediktif yang akan mencegah Anda membuat kesalahan sejak awal.
  4. Pilih KPI yang tepat. Menentukan KPI yang tepat untuk bisnis Anda sangat penting. Anda tidak harus mengembangkan semuanya sendiri. Sebaliknya, libatkan seluruh tim dalam prosesnya.
  5. Komunikasi adalah kuncinya. Semua orang di perusahaan harus mempelajari dan memahami metrik apa yang Anda gunakan, mengapa metrik itu penting, dan apa peran setiap orang dalam mencapai tujuan Anda.

Kesimpulan

Rencana operasional adalah elemen kunci dari setiap organisasi yang berorientasi pada tujuan. Hubungi Dewan Alternatif hari ini untuk menjadwalkan pertemuan dengan tim spesialis layanan penasihat bisnis kami. Kami akan membantu Anda menghasilkan rencana operasi yang efektif yang akan membantu Anda memenuhi tujuan bisnis jangka panjang Anda.

Semoga bermanfaat.

Dan jika Anda membutuhkan informasi lebih detil perihal artikel diatas, atau merasa manajemen bisnis Anda tengah bermasalah. Kami siap membantu. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor WhatsApp 0812-5298-2900.